Rabu, 26 Januari 2011

Profil pelajar yang seharusnya dihasilkan semua sekolah



Profil pelajar ini saya ambilkan dari profil pelajar yang digariskan IBO (international baccalaureate organization)tahun 2005. beginilah profil pelajar yang akan dibangun oleh sekolah sekolah bertaraf internasioanl itu. kita coba bukan untuk mencontek tapi marilah kita belajar juga dari mereka.

Tujuan dari seluruh program program IB adalah untuk mengembangkan manusia manusia berwawasan internasional yang menyadari hakekat kemanusian secara umum dan mau bersama sama menjaga planet (bumi) ini, serta mampu menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih damai.

Pelajar pelajar IB akan berusaha menjadi:

1. Tukang tanya
Mereka berusaha mengembangkan keingintahuan alamiah mereka. Mereka mendapatkan ketrampilan ketrampilan yang diperlukan untuk selalu bertanya dan melakukan penelitian serta menunjukkan kemandirian dalam belajar. Mereka secara aktif menikmati (proses) belajar, dan kesukaan untuk belajar ini akan berlanjut sampai akhir hayat mereka.

2. Berpengetahuan luas
Mereka menjelajahi seluruh konsep, gagasan, dan isu isu yang memiliki arti penting baik secara local maupun global. Dalam pelaksanaannya mereka akan memperoleh pengetahuan yang mendalam dan mengembangkan pemahaman dari berbagai macam disiplin yang luas dan seimbang.

3. Pemikir
Mereka melatih inisiatif penggunaan kemampuan kemampuan berfikir mereka secara kritis dan kreatif untuk memahami dan mendekati permasalahn permasalahan yang rumit guna membuat keputusan yang etis dan masuk akal.

4.Komunikator handal
Mereka mengerti dan mampu mengungkapkan gagasan serta informasi secara kreatif dan percaya diri dengan menggunakan lebih dari satu bahasa dan dalam berbagai macam bentuk komunikasi. Mereka akan bekerja secara efektif dan mau bekerjasama dengan orang lain.

5.(Orang yang) berpendirian
Mereka bertindak dengan integritas dan kejujuran, dengan ketulusan (fairness) yang tinggi, keadilan dan hormat terhadap harga diri dan kebanggaan individu, kelompok, maupun masyarakat. Mereka bertanggung jawab atas tindakan tindakan mereka dan juga akibat yang ditimbulkannya.

6. Berwawasan terbuka
Mereka memahami dan menghargai kebudayaan dan sejarah pribadi mereka sendiri dan mereka juga terbuka pada pandangan, nilai nilai, tradisi orang ataupun masyarakat lain. Mereka terbiasa dengan pencarian dan evaluasi terhadap berbagai sudut pandang, dan mau berkembang berdasarkan pengalaman.

7. Perhatian
Mereka menunjukkan empati, keharuan dan hormat terhadap keperluan dan perasaan orang lain. Mereka memiliki komitmen pribadi untuk melayani dan mereka bertindak untuk membuat perubahan perubahan positif bagi kehidupan orang lain maupun bagi lingkungan.

8. Penantang Resiko
Mereka mendatangi keadaan (situasi) yang tak mereka mengerti dan ketidakpastian dengan berani dan dengan pikiran kedepan. Mereka memiliki semangat kemandirian untuk mengekplorasi peran-peran baru, gagasan gagasan barudan strategi strategi baru. Mereka berani dan mampu berbicara jelas dalam mempertahankan keyakinan mereka.

9.Seimbang
Mereka mengerti pentingnya keseimbangan intelektualitas, keseimbangan fisik, dan keseimbangan emosional untuk menggapai kesejahteraan pribadi baik bagi mereka sendiri maupun untuk orang lain

10. Reflektif
Mereka mempertimbangkan masak-masak proses pembelajaran dan pengalaman mereka. Mereka mampu menilai dan mengerti kekuatan serta keterbatasan mereka guna mendukung pembelajaran dan perkembangan pribadi mereka sendiri.

2 komentar:

  1. Assalamu 'alaikum wr wb

    Terima kasih atas artikelnya Insya Allah sangat bermanfaat di dunia pendidikan

    Wassalamu 'alaikum wr wb

    BalasHapus
  2. Waalaikum salam Pak wadiyo

    kami juga berharap begitu..kami ingin berparisipasi dalam memajukan pendidikan di negri kita ini...

    BalasHapus

Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini