Rabu, 20 Februari 2013

Guru hebat yang akan merubah dunia (bagian 1)




Ada satu kalimat , yang ditulis oleh salah satu pembaca blog  ini dalam mesin pencari,  yang akhirnya menghantar pembaca tersebut menemukan blog ini. Tulisan itu sangat menarik perhatian saya karena terasa sangat indah di dalam pikiran saat membacanya. Kalimat pencarian itu adalah “ guru masa depan yang mengubah dunia”.  Tentu saya belum pernah menulis artikel dengan judul seperti itu, namun semua artikel yang saya tulis bertujuan untuk menciptakan guru macam itu sebanyak banyaknya. Makin banyak guru seperti itu yang muncul dimuka bumi semakin baguslah masa depan pendidikan bagi anak naka kita di dunia ini, khususnya di indonesia. Nah harapan saya sebagai penulis blog, guru guru macam itu terjadi karena terinspirasi oleh tulisan dalam blog ini, sehingga saya bisaikut merasakan pahala dari kebaikan yang  tercipta untuk kebahagian penulis fidunya wal akhirah begitu kira kira. Pendek kata, tulisan ini saya maksudkan untuk sedikit memberi jawaban pada kalimat yang ditulis di mesin pencari (search engine) tersebut.

Nah, sekarang kita mulai diskusikan siapa sich guru yang hebat itu? Atau seperti apakah guru yang mampu merubah dunia itu? Saya pribadi tidak bisa menjelaskan guru yang mana yang memiliki kekuatan hebat bisa merubah dunia itu. Saya Cuma bisa membantu dengan memberikan ciri ciri guru yang akan mampu merubah dunia itu. Nah silahkan sidang pembaca mencari sendiri guru yang mana yang mampu merubah dunia itu berdasarkan ciri ciri yang akan saya sebutkan satu persatu dibawah ini;


 Possess positive attitude
Ada peribahasa dalam bahasa Inggris yang berbunyi  “Your attitude determines your altitude”,  yang kira kira maksudnya adalah “sikapmu menentukan ketinggian (pencapaian)mu”. Hal ini juga sangat saya yakini kebenarannya. Saking yakin saya akan hal ini,  ada beberapa kali dalam tulisan saya di blog ini,  selalu saya katakan sikap atau karakter kita yang akan menentukan keberhasilan kita di masa datang, dan bukan kepandaian kita. Pun begitu bagi kita yang berprofesi guru, sukses tidaknya kita jadi guru akan sepenuhnya ditentukan sikap, watak, dan tingkah laku kita sendiri yang ditunjang tingkat intelektualitas yang kita miliki. Berulang kali saya sampaikan kepandaian intelektualitas hanya memberi 10-15 % kesempatan untuk sukses. Intelektulitas ibarat kata Cuma memberikan tiket emas pada kita. Yang 85-90% kesuksesan akan sangat ditentukan oleh sikap dan karakter kita. Karena sikap karakter dan tingkah laku kitalah yang akan menjaga kesuksesan kita agar tidak runtuh.
Kita sebagi guru juga termasuk yang terkena hukum itu, kesuksesan kita sebagi seorang pendidik akan sangat dipengaruhi sikap mental dan karakter serta tingkah laku kita sendiri. Jadi jaga sikap ya pak dan bu guru? Lagi pula bagaimana kita bisa mendidik dan mengembangkan sikap dan watak siswa kalau kita sendiri belum dewasa dalam bersikap dan belum matang kita punya karakter. Iya nggak bu dan pak guru? Pendek kata ciri pertama guru yang mampu merubah dunia adalh guru yang punya sikap positif dalam dirinya dan mampu menyebarkan sikap itu pada siswa siswinya. Karena kita yakini sikap yang baik yang akan membawa perubahan pada nasib anak didik. Perubahan nasib anak didik di  masadepan tentu akan merubah dunia mereka dan dunia diluar mereka.


 Spread positive energy
Ciri kedua dari guru yang akan membawa perubahan bagi dunia adalah guru yang mampu menyebarkan dan menularkan energy positif pada lingkungannya dan tentu pada siswa siswinya. Energy positif itu bisa ditularkan guru melalui banyak cara, salah satu diantaranya adalah kemampuan dan kebiasaan guru dalam menggunakan bahasa dan kata yang positif dalam berbicara dan bergaul setap harinya, terutama pada siswa siswinya. Siswa siswi kita sangat memerlukan energy positif dari guru gurunya karena diluar sekolah mereka lebih banyak dicekokin dengan energi negatif. Menurut laporan De Porter and Hernacki, anak anak kita itu rata rata mendapatkan 460 komentar negatif dalam sehari dan hanya 75 komentar positif yang di dapat. Artinya anak anak kita ini lebih banyak mendapatkan energi negatif yang menghancurkan rasa percaya diri dan harga diri siswa ketimbang energi positif yang melambungkan harapan, memompa rasa percaya diri dan memperkuat harga diri siswa. Guru yang baik akan melawan itu dengan memberikan energi positif sebanyak mungkin agar energi negarif yang didapat siswa diluar sekolah bisa tawar atau dikalahkan dan berganti energi positif yang menguasai anak anak didiknya.
Selain itu guru yang baik akan menyebarkan energi positif lewat cara bicaranya yang enghindari kata kata “tidak” dan “jangan” karena kedua kata itu menyebarkan aura negarif dengan membuat siswa tidak mengerti apa yang harus dilakukan. Arahkan siswa, tunjukkan siswa apa yang harus mereka lakukan dengan perintah langsung yang bisa dipahami siswa. Kata ‘tidak” dan “jangan” hanya membuat siswa berhenti melakukan sesuatu tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Enregi posisitif juga bisa terpancar dengan penciptaan lingkungan yang ramah dan menyenangkan, dengan begitu sudah seharusnya seorang guru yang hebat haruslah melakukan dan mengajarkan untuk tersenyum pada semua orang yang dijumpai, ucap salam, tebarkan kalimat assalamualaikum waruhmatullahhi wabarohkatu pada semua orang,  juga jagalah lidah untuk selalu berkata baik, sopan dan positif pada semua orang, komentar negatif buanglah jauh jauh dari lingkungan pendidikan. Begitulah sikap guru yang hebat.


  Adopt new teaching paradigm
Yah sudah selayaknya guru yang profesional juga selalu mengasah pengetahuan dan ilmunya, oleh karena itu seorang guru juga wajib merubah paradigma dan mindset-nya sesuai dengan perkemangan ilmu pengetahuan dan perubahan lingkungan sosial budaya dan ekonomi yang terjadi. Untuk lebih jelasnya tentang paradigma guru ini adaa baiknya sidang pembaca, membuka artikel saya yang lain; PARADIGMA GURU PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 (21st CENTURY LEARNING) (bagian 1) dan Paradigma guru pada pembelajaran abad 21 (21st century learning) (bagian 2)


  It’s not about you but it’s about them.
Yah kegiatan belajar mengajar di sekolah itu semua tentang siswa anda dan bukan tentang anda sendiri sebagi guru. Oleh karena itu jadikan ruang kelas bersuasana belajar dan bukan bersuasana mengajar. Tahukan bedanya? Yah sejauh ini ruang belajar selalu bersuasana”mengajar”, artinya gurulah yang mendominasi waktu dan tempat. Gurulah yang aktif belajar. Guru pula yang jadi aktor dan seklaigus peran utama dalam drama “pendidikan” itu. Dengan begitu artinya semua masih tentang anda, tentang pak/bu guru. Guru yang hebat harus bisa membalikkan keadaan. Jadikan ruang kelas itu tentang siswa, biarkan siswa yang mendominasi waktu dan ruang, biarkan siswa yang menjadi aktor dan bintang utama dram ‘pendidikan” dikelas bapak dan ibu semua. Dengan begitu bapak dan ibu guru harus membuat semuanya bersuasana tentang siswa. Siswa bapak dan ibu akan lebih aktif dan berhasil belajar, dan ruang kelas bapak dan ibu akan bersuasana “belajar” dan sebaliknya “suasana ‘mengajar”nya akan hilang.  Ingat “ It’s not about you but it’s about them”, dan anda akan jadi guru yang hebat dan the best dech.
Dan satu hal lagi yang harooooom dilakukan guru dalam kelas; cerita tentang pribadi guru. Banyak sekali guru yang setiap masuk kelas bukannnya mengarahkan anak untuk belajar pada materi pelajaran tertentu tapi malah sibuk bercerita tentang masalalunya, prestasinya, permaslahanya, kondisi dia sekarng, cerita tentang anak anaknya dan yang lainnya yang sangt tidak penting bagi siswa.  Guru yang hebat tidak akan curhat pada siswanya karena siswanyalah yang harus curhat pada gurunya. Guru yang suka curhat dan cerita tentang pribadinya tidak akan dihormati siswanya, karena disamping guru sudah tidak punya rahasia, siswa juga juga bosan dengan cerita gurunya. Anda masih begitukah sebagi guru? Hentikan segera......

  
  Well-planned
Banyak sekali guru yang beranggapan bahwa guru itu cukup hadir masuk ke kelas dan mengajar begitu saja sesuai dengan buku pegangan atau text book yang dipunya siswa. Saya pasikan guru yang seperti ini akan berhasil buang waktu siswa dengan percuma di dalam kelas dan tidak akan memberi pencerahan pada siswanya. Proses pengajran dan pembelajran yang baik haruslah dipersipakan dengan matang dan direncanakan. Guru harus sangat paham dulu dengan apa yang akan dipelajari dan membuat perencanaan cara mengajarnya dan sekaligus membuat perencanaan dan menyiapakan alat alat bantu yang mungkin diperlukan dalam proses belajar mengajar. Mengandalakan sedikit pengetahuan dan text book untuk mengajar adalah usaha mensia siakan waktu siswa untuk belajar lebih baik. Murid malas itu salah satunya disebabkan oleh guru yang malas juga.
Oleh karena itu sudaah seharsnya guru itu terus menimba ilmu untuk memeprtajam pengetahuannya sendiri dan juga memahami dan membuat silabus serta rencana pengajaran. Namun sayangnya Pak mentri akan membaut guru guru kita malas lagi, karena kurikulum terbaru tahun 2013 ini nanti katanya guru tinggal ngajar saja tidak perlu membuat rencana pengajaran. Mo jadi apa pendidikan kita kedepan kalau benar seperti itu? Guru akan jd malas dan tidak akan pernah terpikir dengan apa yang disebut alat bantu, pengajaran akan monoton karean gurunya malas.  Hallo pak mentri wake up...
Oh ya maaf ya..saya potong disini dulu, nanti saya lanjutkan lagi. Masih ada kok poin poin lain yang harus dipahami guru hebat yang akan merubah dunia...tunggu saya tulis kelanjutannya yah..cherrio....eh...ceria juga...

*) lanjutan dah bisa dibaca di Guru hebat yang akan merubah dunia (bagian 2)

Minggu, 17 Februari 2013

Pendidikan karakter yang sesuai dengan leaderpreneurship program.




Sebelumnya kita pernah membahas peran penting ketrampilan hidup bagi siswa di masa depan mereka. Namun perlu diketahui ketrampilan hidup seberapapun hebatnya tak lebih hanya sekadar kotak kosong,  chasing  tanpa isi. Yang tentu saja belum akan berguna selama isinya tidak segera ada. Ibarat manusia , bagaikan wadag kosong tanpa jiwa, mayat hidup tanpa jiwa. Zombie kata anak anak sekarang. Untuk mengisi wadag kosong itu kita perlu membangun karakter peserta didik kita di sekolah. Hal ini penulis tuliskan karena didorong oleh keyakinan bahwa ketrampilan yang hebat haruslah di dukung dengan karakter yang luar biasa.  Kalau ketrampilan hidup dan karakter yang tepat sudah menyatu dalam diri siswa kita, akan ada bayak hal yang bisa mereka lakukan untuk berperan dalam kehidupan ini. Peran yang bisa diharapakan bukan saja akan berguna bagi dirimereka sendiri tapi akan bermanfaat bagi orang orang disekitarnya dan orang orang yang berada dalam jangkauannya.
Hal ini tidak terlepas dari keyakinan beberapa sarjana yg menyatakan;  kesuskesan kita ,85% akan sangat dipengaruhi oleh karakter yang terbagun dalam diri kita sediri.  15% sisanya, kesuksesan kita ditentukan oleh kepandaian dan ketrampilan hidup yang kita punya. Sebegitu besar pengaruh karakter pada masa depan kita semua dan masa depan siswa siswi kita. Oleh karena itu kita sebagai guru tentu tidak boleh tidak memperdulikan hal ini. Kita dan sekolah harus punya kiat dan kebijakan yang mendorong terciptanya karakter karater hebat dalam diri setiap siswa peserta pembelajaran  di sekolah.
Sekolah harus mampu merumuskan karakter apa saja yang diperlukan siswa bagi masadepannya dan menentukan kebijakan kurikulum dan akademik untuk mensukseskan kebijakan pengemebangan karakter siswa ini.
Kesadaran akan pentingya karakter ini sudah merata diseluruh tanah air Indonesia. Setiap sekolah  sudah ada pembicaraan tentang pengembangan karakter. Setiap sekolah sudah mulai mengklaim bahwa mereka menjalankan pendidikan karakter di sekolah masing masing, walau kalau ditanya bagaimana cara mereka menginternalisasi karakter karakter itu dalam diri siswa mereka, mereka akan memberi jawaban yang beragam seberagaamnya pemahaman mereka tentang pendidikan karkter itu sendiri. Mereka belum memiliki visi dan metode yang seragam tentang pembangunan karakter bangsa itu. Bekal mereka cuma daftar 18 karater yang ditetapkan oleh kementrian pendidikan, dan 18 karater itulah yang mereka hafalkan dan jadi bahan diskusi untuk diterapakan dalam pengajaran. 
Nah dalam tulisan pendek ini, penulis juga ingin mengajukan 15 karakter (yang mungkin berbeda dari punya dinas pendidikan) yang seharusnya kita tanamkan dalam diri siswa.  Kelimabelas karakter yang penulis ajukan ini adalah karakter karakter yang penulis yakini bisa dipadukan menjadi jiwa dari ketrampilan hidup yang diperlukan siswa kita di masa depan seperti telah dibahas ditulisan saya sebelumnya ,   Ketrampilan Hidup Leaderpreneurship untuk Sekolah Masa Depan,.
Dengan begitu bisa dibilang bahwa karakter untuk pengembangan leaderpreneurship akan sedikit berbeda dengan karakter siswa besutan kementrian pendidikan Republik Indonesia. Namun tentu kita tidak perlu minduskusikan perbedaan itu. Apalagi sampai berantem bukan? Nah inilah karakter yg harus  di miliki siswa itu:
Ø    Tolerance
Ø     respective
Ø     productive
Ø     enthusiasm
Ø     caring
Ø     creative
Ø     motivated
Ø     innovative
Ø    self-controlled
Ø    assertive
Ø    persuasive
Ø    integrated
Ø    independent
Ø    effective
Ø    efficient  
nah membuat daftar karakter tentulah sangat mudah, namun bagaiman cara menginternalisasikan watak wataak ini dalm diri siswa itulh yang paling sulit dilakukan.  Sebetulnya kita sudah siapkan sebuah program yang untuk gampangnya kita sebut ‘leaderpreneurship prorgam” yang bisa membantu para guru menanamkan semua karakter itu dalam diri siswa.  Pingin rasanya bisa berbagi disini namun sepertinya tidak bisa ditulis dalam bentuk artikel pendek seperti ini. Jadi nampaknya agak terlalu sulit bagi saya untuk menjelaskan di sini. Namun untuk memberi gambaran program ini berlandaskan  pada pembelajaran berbasis project atau orang barat menyebutnya Project based learning. Silahkan pelajari project based learning dan terapakan karakter karakter pilihan di atas pada anak didik kita. Semoga berguna.....

Sabtu, 16 Februari 2013

Paradigma guru pada pembelajaran abad 21 (21st century learning) (bagian 2)





Dari pada bengong yuk kita lanjutakan bicara tentang paradigma baru yang harus dipunyai seorang guru di abad 21 ini. Pada bagian pertama, di  PARADIGMA GURU PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 (21st CENTURY LEARNING) (bagian 1) kita sudah bicarakan empat paradigma baru guru, nah sekarang kita lanjutkan pada pradigma ke;

5.      Isolated works             harus dirubah menjadi                         collaboration works
Pada proses pembelajarn yang umum terjadi di masa kini dan masa lalu, guru selalu menempatkan siswa sebagi pribadi pribadi yang tersendiri dan tidak saling terhubung. Mereka dibiarkan menjalani sendiri sendiri nasib mereka sebagi pembelajar. Yang pintar akan pintar sendirian, yang kurag beruntung akan nampak bodoh juga sendirian. Hal ini tentu terkait dengan cara evaluasi yang dilakukan guru. Pada ujung evaluasi siswa akan menerima raport secara personal oleh karena itu guru akan selalu menempatkan siswa sebagi individu yang saling terpisah, pun begitu tugas tugas sekolah yang mereka berikan. Tugas yang biasanya berbentuk PR pun akan berupa pekerjaan rumah yang dikerjakan sendiri sendiri.  Memang benar ada sesekali guru memberi tugas kelompok, namun tugas kelompok ini tidak disertakan aturan main yang jelas, sehingga tugas kelompok yang harusnya dikerjakan berkelompok cukup dikerjakan salah satu dari anggota kelompok dan dinamai ramai ramai. Setelah dikerjakan guru pun tidak terlalu peduli apakah itu hasil kerja kelomok atau bukan.
Ke depan guru harus membentuk atmosfir yang bisa menyuburkan kerja kelompok di dalam kelas. Kerja kelompok bukan saja akan membuat siswa belajar bersama dan saling tukar menukar informasi, namun tugas kelompok akan membuat siswa belajar berorganisasi, belajar managemen, mempertajam kemampuan intra dan extra personalnya, memupuk kemampuan komunikasi, kemampuan bekerjasama dan tidak kalah pentingnya mereka belajr bertanggungjawab dan kemandirian. Banyak hal bisa dipelajari siswa dengan membuat mereka diberikan pekerjaan kelompok.  Dan boleh sedikit saya sampaikan di dunia ini sekarng ini sedaang gandrung dengan apa yang mereka sebut sebagi Project based learning, artinya itu adalh mengajarkan siswa untuk belajar bekerja sama.


6.   Knowledge based                    harus dirubah menjadi               information based decision making
Karena yang diajarkan guru adalah teori teori maka biasanya guru memberikan instruksi instruksi untuk berlatih membuat keputusan keputusan penting berdasarkan logika tau setidaknya memberikan saran pada siswanya untuk menggunakan logika dan kepantasan umum untuk setiap langah yang diambil. Paradigma ini harus segera dirubah, bukan karena penggunaan logika dan pengetahuan umum  itu salah, namun logika dan pengetahuan umum tidak pernah menjamin ketepatan langkah yang diambil dengan kondisi riil lapangan. Oleh karena itu informasi yang real time sanagt diperlukan siswa pada masanya nanti untuk ambil keputusan. Nah sebelum waktunya siswa harus ambil keputusan tersebut ada baiknya guru sudah membiasakan siswanya untuk mempunyai informasi yang terkini  atau yg real time dari setiap kondisi yang dihadapi.

7.  Passive learning                   harus dirubah menjadi                  active/ inquiry based learning
Ini terkait dengan pendekatan pengajaran yang dilakukan guru di dalam kelas. Sejauh guru tetap menjadikan dirinya satu satunya sumber referensi pengetahuan, seperti yang pernah kita bicarakan, maka yang akan sibuk dikelas adalah gurunya,  karena posisi ini akan cenderung membuat guru sebagai orator. Siswa cukup sebagi pendengar yang setia. Cara pembeljaran yang seperti ini bukan saja akan membuat siswa jadi pasif namun juga membuat siswa menjadi bodoh karena informasi yang mereka terima akan sangat terbatas jumlahnya dan yang lebih menyedihkan lagi siswa hanya akan menerima kira kira 10-15% saja dari informasi yang terbatas itu.
Oleh karena itu Cara belajar siswa aktif haruslah yang dijadikan paradigma pengajaran yang terbaru. Dengan membuat siswa aktif belajar dengan strategi yang tepat, mereka bukan saja akan menjadi pintar, tapi mereka akan menjadi super cerdas karena mereka akan mendapatkan informasi yang tanpa batas. Keaktifan merekalah yang akan mendekatkan para siswa itu pada banyak sumber informasi dan mereka bisa menyerap semua infomasi yang tanpa batas tersebut.


8.  Reactive response               harus dirubah menjadi                   proactive response
Sudah menjadi tabiat guru guru dimanapun berada, mereka meraasa bahwa tugas mereka hanyalah mengajar seperti kemarin dia mengajar. Tidaklah terlalu diperlukan untuk berfikir dan bertindak lebih jauh dibanding apa yang mereka kerjakan kemarin.  Mereka kebanyakan tidak punya visi yang agak jauh ke depan sehingga tidak juga mempunyai langkah langkah preventif proaktif. Mereka akan bergerak dan melangkah kalau sudah ada suatu kejadian. Semua tindakannya bersifat responsif reaktif. Adaa muridnya badung dia panggil untuk dinasihati, ada yang terluka dia bawa ke UKS atau ke rumah sakit, siswa bodoh baru dia panggil dia suruh untuk rajin belajar.
Apakah tindakan reaktif begitu salah? Kalau dibilang salah juga tidak tepat, namun yang jelas tindakan tindakan reaktif itu sangat terlambat.  Menunggu rumah kebaakar dulu baru sibuk memadamkan adalh tindakan yang sangat terlambat bukan? Menunggu kebanjiran dulu baru membersihkan saluran air dan got got juga perbuatan yang nampak bodoh bukan? Sama dan sebangun dengan itu,  semua permasalahan kenakalan dan kebodohan siswa hendaknya dibuatkan langkah langkah antisipasinya jangan hanya menunggu kejadian baru bereaksi. Untuk sekedar diketahui saja siswa badung tidak akan tiba tiba menjadi baik hanyadengan dinasihatidan dihukum siswa bodoh tidak akan mendadak pintar dengan di nasihati dan disuruh iku les. Strategi  yang menyeluruh ketat dan konsisten  yang dijadikan kebijakan sekolah adalah solusi dari semua itu


9.   Single media                       harus dirubah menjadi                   multi media
Kalau saya bicara multi-media pasti saja ada yang salah tafsir dengan perangkat kompoter dan alat aat digital lainnya. Tapi baiklah kita terangkan dulu yang saya maksud dengan single media terlebih dahulu. Media disini yang saya maksud adalh media atau sumber atau alat belajar. Single media disini maksudnya media belajar siswa Cuma satu. Ini kembali berbicara pada peran guru lagi. Sistem pengajaran jaman dulu guru adalah satu satunya sumber pengetahuan dan papan tulis jadi satu satunya  media belajar untuk menstransfer ilmu. Jaman sudah sedemikian majunya sumber pengetahuan harus sudah bervariasi pun begitu media pembelajaran. Koran majalah tabloid, jurnal ilmiah sangat banyak beredar, semua itu bisa jadi sumber belajar dan media belajar seklaigus. Kenapa guru tidak mencoba untuk memnafaatkan? Internet bukan barang langka lagi itu bisa jadi sumber belajar dan media pembelajaran sekliagus. Penggunaan laboratorium, tape recorder, in focus, televisi, film, komputer, vcd player , tugas kelompok, pembuatan project dan yang lainnya sangat dianjurkan untuk media pembelajaran.  Jangan hanya ceramah melulu, siswa nya ngantuk.

10.   Single sense stimulation            harus dirubah menjadi             multi-sensory stimulations
Pada abad yang lalu pendidikan disekolah masih terfokus pada metode ceramah bahkan samapi hari ini juga masih banyak guru yang tiap hari kerjanya ceramah di depan siswanya. Ini artinya guru masih beranggapan bahwa untuk membuat siswa pintar siswa haruslah mendengar informasi dan pengetahuan, kemudian mencerna di dalam otak untuk memhami dan menghafalkan. Setelah hafal maka siswa akan pintar. Apakah kenyataan begitu yang terjadi? Ohhh...my..yang terjadi jauh panggang dari api. Siswa terbukti hanya sedikit yang bisa pintar;  dari 40 siswa di dalam kelas tidak akan lebih dari lima yang bisa dibilang pintar bukan?
Oleh karena itu guru sekarang haruslah berfikir bahwa tidak semua siswa bisa paham dengan mendengar ada sekian abnayk siswa yang bisanya pintar karena melihat, ada yang bisanya pintar karena meraba, ada yang bisanya pintar karena saat belajar diperbolehkan sambil jalan jalan, ada siswa yang bisa pintar karena melakukan atau mengalaamilangsung apa yang sedang mereka pelajari. Yang saya tulis ini adalah apa yang oleh orang pintar sebagi gaya belajar. Setiap siswa punya gaya belajarnya sendiri. Dan tentu saja tidak semua siswa bergaya belajar auditori atau mendengar, oleh karena itu guru jangan ceramah melulu. Belajarlah tentang gaya belajar. Atau tunggulah saya sampai ada waktu untuk menulis tentang gaya belajar.

11.    Single-path progression            harus dirubah menjadi              multi-path progression
Hal yang terakhir ini terkait dengan  evaluasi siswa.  Sejauh ini sekolah sekolah di indonesia hanya memfokuskan pada penilaian kemampuan akademis siswa. Oleh karena itu semua sekolah akan keluarkan buku rapor yng berisi nilai matematika, Ipa , bahas inggris dst. Sekali lagi kemampuan intelegensia akademislah fokus penilaian dan ukuran kemajuan siswa. Padahal kalau kita mau sadari ada banyak orang sukses yang tidak genius. Penyanyi, bintang film, pelawak, pengusaha, seniman, pedagang, pesulap rata rata hidup makmu, kecukupan bahkan kaya raya, mereka tidak bermodalkan “pintar”. Merka punya bakat, mereka punya ketrampilan, mereka punya watak dan sifat pribadi yang kuat. Kenapa sekolah yang katanya ingin membuat masa depan siswanya cerah Cuma terpaku pada membuat siswanya “pintar”, cobalah pantau kemajuan bakatnya, kemajuan, karakternya, pengembangan pribadinya, perkembangan ketrampilan hidupnya. Itu akan lebih bermanfaat bagi mereka ketimbang anda sebagi guru hanya sibuk membuat siswa anda pintar.
Semoga bermanfaat.....

Jumat, 15 Februari 2013

PARADIGMA GURU PADA PEMBELAJARAN ABAD 21 (21st CENTURY LEARNING) (bagian 1)



Seperti berulang kali saya sampaiakan dunia ini sudah berubah, sejalan perkebangan tehnologi yang begitu cepat. Kondisi sosial budaya dan perekonomian juga sudah lama berubah mengikuti perubahan dunia. Namun di dunia pendidikan baru sedikit yang berubah.  Dan ini selalu jadi tema tulisan tulisan saya di blog ini. Penulis sangat berharap bahwa dunia pendidikan juga segera berbenah dan ikut berubah agar tidak timpang dengan kebutuhan riil pendidikan bagi masyarakat dan dunia.
Pada tulisan saya kali ini, saya akan mengajak bapak dan ibu guru untuk berubah. Kenapa harus guru? Yah karena jantung dari pendidikan adalah guru, kalau gurunya berubah tentu semua hal yang terkait dengan pendidikan akan berubah. Semua aspek pendidikan akan berubah sejalan dengan perubahan gurunya. Guru akan berubah kalau guru bisa mengadobsi “BELIEF” atau keyakinan baru tentang pendidikan. Untuk bisa sampai pada perubahan “belief” pada guru, yang pertama sekali harus dilakukan guru adalah merubah paradigma atau cara pandang guru sendiri terhadap pendidikan.
Nah untuk membantu guru mendapatkan paradigma baru pendidikan. Ada baiknya saya sedikit membantu memicu pemikiran kritis para guru dengan mengungkapkan hal hal ringan yang harus dirubah sebagi berikut:
1.       Artificial context         harus dirubah menjadi                     real world context
Diwaktu lalu semua guru mengajarkan teori di dalam kelas. Siswa pun diminta membaca buku untuk memahami teori. Andai saja ada guru yang berikiran maju dan meminta siswanya mendiskusikan sebuah pemecahan kasus, maka kasus itu juga dimbil dari textbook atau kasus itu dikarang oleh gurunya, sehingga belum juga kasus dipikirkan sang guru sudah memegang keputusan penanganan kasus yang dia yakini sebagi yang benar dan terbaik. Alih alih siswa berlatih berfikir malah mereka terperangkap dan tergiring untuk menerima gagasan gurunya sebagai gagasan terbaik.
Untuk sekarang guru harus punya paradigma yang berbeda. Guru harus mampu menghadirkan situasi asli diluar kelas untuk dipelajari, diamati dan di carikan pemecahannya di dalam kelas. Siswa perlu memasuki situasi riil agar mampu membuat keputusan berdasarkan situasi dan kondisi yng berjalan bukan pada situasi rekaan. Sedang untuk belajar bahasa asingpun siswa akan cepat belajar kalau dihadapkan pada native speakernya dari pada di suruh pura pura dalam situasi tertentu dan mereka harus bicara dengan teman sendiri.
2.       Factual                harus dirubah menjadi                             critical thinking
Seperti yang saya jelaskan diatas, guru selama ini selalu menjejelkan teori teori pada siswa siswinya. Untuk menunjukan kebenaran teori yang berpuluh tahun dia sampaikan dai satu generasi siswa ke generasi siswaa yang lain, guru yang lebih kreatif akan mencoba membuktikan dengan bukti bukti yang dia bisa comot dari artikel di media masa, kejadian sehari hari, atau berita baik di koran, majlah, radio ataupun TV. Boleh dikata semua yang disampaiakn dibuat sefaktual mungkin.
 Cukupkah? Ya cukup, tapi dulu. Sekarang informasi faktual sudah tidak cukup. Tantangan ke depan butuh lebih dari sekedar mengetahui informasi faktual. Kita dituntunt untuk bisa berfikir cepat, bertindak cepat bergerak cepat dan berhasil cepat karena kehidupan ke depan nampaknya akan bergerak begitu cepat. Oleh karena itu sekolah sudah selayaknya mengajarkan siswanya bergerak cepat berfikir cepat dan memetuskan dengan cepat. Itu artinya sekolah wajib bukan saja mengajarkan hal hal yang faktual, tapi juga mengjarkan siswanya untuk berfikir kritis. Perekonomian kedepan tidak akan bertumpu pada perekonomian manufacturing lagi. Sumberdaya alam sudah menipis, ekonomi kreatif menunggu kita. Berfikir kritis dan cepat adalh senjata yg diperlukan dalam perekonomian kreatif di masa depan.
3.       Information delivery         harus dirubah menjadi               information exchange
Sejauh ini kita harus mengakui bahwa dalam pelaksanaan pendidikan kita terlalu bertumpu pada kemampuan guru mentransfer pengetahuannya. Guru adalh satu satunya sumber informasi di dalm kelas oleh karena itu harus didengarkan dan ilmunya haruslah diserap. Pertanyaan apakah informasi yang diberikan guru pasti benar adalh haram hukumnya. Semua siswa tidak berhak bertanya dan harus take for granted secara membabi buta menerima apa yang disampaikan guru adalh benar. Padahal siapa bisa menjamin kalau apa yang diketahui guru itu pasti benar? Guru adalah sumber ilmu dan sumber informasi oleh karena itu pengajaran pasti berbentuk ceramah one way traffic. Hal seperti ini tidak benar bukan? Siswa bisa saja lebih tahu dan lebih pintar dari gurunya pada masalh tertentu.
 Oleh karena itu pengajaran di sekolah tidak boleh lagi one way traffic. Guru tidak bisa lagi memposisikan diri sebagai satu satunya sumber belajar. Semua oarang yang ada di ruang kelas punya hak sebagi penyampai informasi dan pengetahuan. Jadikan kelas sebagi tempatnya para pelajar bertukar informasi dan pengetahuan. Bisa dibayakan seberapa banyak informasi dan pengetahuan yang beredar di dalam kelas, kalau hanya berasal dari satu sumber dan seberapa banyak yang akan kita dapat kalau semua orang di dalam kelas mengumpulkan informasi dan pengetahuan yang ada.  Pengetahuan akan makin lengkap tajam jelas dan aktual kalau semua orang memberikan apa yang mereka tahu bukan?
4.       Teacher-centered instructions          harus dirubah menjadi           students-centered learning
Terkait dengan apa yang kita bicarakan di no.3 di atas. Bila menjadikan guru sebagi satu satunya sumber informasi maka guru akan berlaku sebagi pembicara tunggal. Dan artinya pusat perhatian siswa seluruhnya harus pada guru. Peran guru sangat mendominasi proses belajar mengajar dan menjadikan siswanya pasif dan kalau capai akan ngantuk. Beginilah yang kita sebut sebagi cara belajar guru aktif atau pembelajaran yang berpusat pada guru. Mengingat bahwa guru sudah tidak selayaknya menjadi satu satunya sumber informasi maka pembelajarn yang terpusat pada guru juga sehharusnya tidak layak lagi. Yang wajib belajar itu siswa bukan guru, oleh karena itu cara belajar siswa aktif atau pembelajarn yang berppusat pada siswa adalah keharusan.  Guru harus bisa menciptakan susasan dimanan siswanya yang belajar dan guru Cuma sekedar sebagai motivator, fasilitator dan memonitor.
Dan membuat situasi seperti ini tentu tidak mudah, tapi kalau anda adalah guru yang baik tetu akan berusaha untuk belajar mengembalikan hak siswa untuk belajar, bukannya malah mencuri waktunya siswa untuk belajar anda pakai untuk belajar sendiri dan siswa anda melihat anda yang sedang belajar. Baliklah kondisi yang ada menjadi anda mengawasi siswa siswi yang sedang belajar.  Kenapa saya katakan begitu? Ya karena saat anda berceramah mengajarkan ilmu pengetahuan di depan siswa anda, yang akan bertambah pintar adalah anda, siswa anda tetap tidak akan tahu apa apa. Di sinilah sebetulnya sumber permasalahan yang mengakibatkan ada siswa dibilang bodoh, karena memang yang belajar gurunya, siswa tidak belajar tapi melihat gurunya sedang belajar.  Semoga bisa dipahami  kenapa saya katakan gurunya yang belajar dalam hal ini. Maka rubahlah paradigma anda dan kemudian rubahlah suasana kelas anda sehingga di dalam kelas yang belajar adalah siswa anda, bukan anda sebagi gurunya.
Masih ada beberapa hal lagi sebetulnya yang bisa saya sampaikan. Namun tidak sekarang. Sekarang sudah jam satu malam. Saya akan istirahat dulu dan saya akan lanjutakan bab ini dilain waktu. Semoga berguna.

*) lanjutan dah bisa dibaca di Paradigma guru pada pembelajaran abad 21 (21st century learning) (bagian 2)

Selasa, 12 Februari 2013

Ketrampilan Hidup Leaderpreneurship untuk Sekolah Masa Depan





Perkembangan tehnologi, utamanya tehnologi informasi yang begitu pesat, bukan saja membawa kemudahan kemudahan di semua sektor kehidupan manusia, tapi ternyata membawa dampak sosial ekonomi yang tak terpikirkan sebelumnya. Sistem hubungan sosial berubah, karena tehnologi informasi mampu meniadakan jarak dan waktu bagi manusia untuk berinteraksi.  Kita bisa berinteraksi dengan siapapun secara instant dimanapun dan kapanpun , hal yang sangat mustahil untuk bisa dilakukan 30 tahun yang lalu. Secara ekonomi tehnologi juga menjanjikan efektifitas dan efisensi kerja yang luar biasa. Saking efektif dan efisiennya pekerjaan yang bisa dilakukan tehnologi, samapai tenaga manusia tidak dibutuhkan lagi. Akibatnya banyak pekerjaan yang dulu ada sekarang sudah menghilang, dan akhirnya muncul juga pekerjaan pekerjaan baru yang sepuluh tahun yang lalu saja tidak terbayangkan adanya.
Namun sayangnya ketrampilan hidup yang diajarkan di sekolah pada siswa siswinya masih ketrampilan hidup saat tehnologi dan utamanya tehnologi informasi belum berkembang seperti sekarang. Ketrampilan hidup yang diajarkan disekolah masihlah ketrampilan hidup dimana dunia masih menggunakan tehnologi  lama dan tehnologi  informasi masih sangat sederhana. Ketrampilan hidup yang didapat disekolah tak lebih dari kemampuan mengerti dan hafal bberapa teori pengetahuan, mampu lulus ujian punya ijasah dan bisa mencari kerja diperkaantoran.  Sedangkan seperti yang sudah diutarkan diatas, bahwa kehadiran perkembangan tehnologi yg bgt pesat telah meniadakan jenis jenis pekerjaan yng bisa dikerjakan orang yang “pinter” dengan nilai ujian tinggi. Pekerjaan pekerjaan yang tersedia telah berubah dan akan terus berupah dengan cepat, oleh karena itu ketrampilan hidup yang diajarkan di sekolah sudah seharusnyalah segera dirubah sesuai dengan permintaan jaman, atau setidaknya  ketrampilan hidup yang harus diajarkan sekolah ada siswa siswinya haruslah ketrampilan hidup yang bisa secara  fleksibel di-up grade untuk mengikuti jaman dimana siswa siwi itu nanti hidup dan menghidupi diri.
Hal ini tentu adalah tugas berat sekolah untuk memformulakan ketrampilan hidup apap yang harus diajarkan dan bagaimana mengajrkannya. Tentu saja hal ini memerlukan kreatifitas, inovasi  dari warga sekolah yang visioner untuk menentukan.
Nah, dalam tulisan singkat ini, penulis hanya ingin urun rembug, memberi masukan , atau setidaknya melempar ide untuk di diskusikan dengan sidang pembaca semuanya. Penulis mempunyai  akan melempar beberapa ketrampiln hidup yang bisa diajarakn di sekolah demi masa depan siswa siswi kita. Tentu kebenaran ide ini masih perlu dikajilagi, oleh karena itu sejak awal penulis sudah menyatakan bahwa ide ini masih debatable dan ingin di diskusikan dengan sidang pembaca.
Mengingat dimasa depan, tehnologi masih akan terus berkembang, situasi soaial ekonomi akan terus bergeser, sumberdaya alam akan makin menipis, perekonomian tidak lagi akan berbasis pada perekonomian manufacturing lagi dan perekonomian kreatif akan jadi trend ke depan, maka ketrampilan hidup (life skills) yang perlu diajarkan pada siswa disekolah adalah sebagi berikut:
          Understanding oneself and others
          Communication skills
          How to get along with others
          Learning to learn
          Decision making
          Managing
          Organizing/ working along with others
          Inovation
          creatifity
          Risk taking
          Business perspectives
          Opportunity building  
          Self understanding.
          Marketing
          Selling
          Foreign languages
          Information technology
          Management
          Administration
Terus terang penulis agk malas untuk menjelaskan “kenapanya” untk tiap ketrampilan hidup yang ada, namun bisa penulis katakan bahwa tujuh ketrampilan hidup pertama adalah ketrampilan hidup yang terkait dengan kepemimpinan, 8 ketrampilan hidup berikutnya adalah ketrampilan hidup yang terkait dengan kemampuan berbisnis atau menjalankan tindakan entreprenerial dan 4 ketrampilan yang terakhir adalah ketrampilan hidup yang akan mendukung dua kelompok ketrampilan hidup yang sebelumnya yaitu ketrampilan hidup kepemimpinan dan kewirausahaan atau dalam bahasa inggris disebut sebagai leadership life skills and entrepreneurship life skills. Dan kalau mau diperpendek itu semua adalah ketrampilan hidup LEADERPRENEURSHIP yang wajib dipunya semua siswa sekolah.  Semoga berguna....

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...