Rabu, 01 Juni 2011

12 catatan yang perlu diperhatikan dari pendidikan di tanah air.


Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meberantas kebodohan melalui peningkatan kualitas pendidikan mutlak perlu dilakukan oleh sebuah bangsa bila bangsa itu tidak ingin tersisih dri percaturan dunia. Bangsa kita, Indonesia, adalah sebuah bangsa besar dengan jumlah penduduk besar, wilayah luas dan kekayaan alam yang berlimpah, surga dunia ada di indonesia, namun begitu yang terjadi adalah bahwa bangsa indonesia sama sekali tdk masuk hitungan dalam percaturan dunia, masyarakatnya banyak yang miskin dan bahkan kena busung lapar. Ibaratnya bangsa indonesia itu bagai musang mati kelaparan di kandang ayam.  Hal ini tak lebih dan tak kurang dikarenakan bobroknya tatanan politik dan ekonomi bangsa ini dan salahnya arah pendidikan yang dijalankan selama ini.
Memang benar, pemerintah terus  berusaha meningkatkan mutu pendidikan dan mengembangkan kurikulum yg mencoba disesuaikan  dengan perkembangan jaman, sampai sampai muncul  istilah “ganti mentri ganti kurikulum”.  Kita mengenal banyak kurikulum yang pernah terpakai di indonesia. dan kurikulum termutakhir adalah kurikulum 2006 yang dikenal dengan kurikulum KTSP (kurikulum Tingkat satuan Pendidikan) dan yang sering dipelesetkan menjadi “ Kurikulum Tergantung Siapa Pembuatnya”. Kurikulum terakhir ini  hampir berjalan selama 8 tahun tapi naga naganya tingkat mutu pendidikan indonesia bukannya terdongkrak naik tapi malah makin jongkok, hal ini terlihat pada ketidaksiapan siswa dalam menhadpi UN yang selalu berulang. Pelaksanaannya  UN selalu ricuh dan banyak kecurangan. Sangat mengenaskan bahwa pendidikan kita berakhir pada selembar bocoran jawaban soal. Belum lagi degradasi moral dan lunturnya nasionalisme di kalangan remaja yang semakin parah dan memprihatinkan. Semua ini tentu kita akan kembalikan dengan sebuah pertanyaan pada kebijakan pendidikan nasional kita, bukan?
Ketidak berhasilan pembangunan pendidikan di Indonesia sebetulnya disebabkan oleh tidak berubahnya orientasi pendidikan di negara ini. Walau kurikulum berubah seribu kali tapi orientasi pendidikan di negara ini masih sama.  Pendidikan seutuhnya dipakai untuk pegembangan aspek kognitif siswa, kalau misalnya ada upaya untuk menyebut nyebut aspek lain, afektif dan psikomotorik, itu haya sekedar pemanis bibir karena memang teorinya pendidikan itu mencakup tiga aspek tersebut. Namun pada prakteknya kedua  aspek yang kita sebut terakhir hampir tidak punya porsi di dalam kurikulum yang dikembangkan pemerintah.  Padahal keberhasilan sesorang di masyarakat sangat tergantung pada kemampuan afektif dan psikomotorik. Sementara aspek kemampuan koqnititif itu tdk terlalu menyumbang besar untuk keberhasilan seseorang dalam kehidupannya. Keberhasilan sesorang dalam menjalani kehidupan sangat ditentukan oleh sikap, watak, pola perilaku dan ketrampilan hidup lain dari orang tersebut. Banyak disebut sebuat 85% keberhasilan seseorang ditentukan oleh ketrampilan hidup ini, sementara kecerdasan Cuma menyumbang 15% sisanya. Tapi kenapa dalam kurikulum kita yang 15% ini masih mendominasi seluruh aspek pendidikan? Kapan kita menyadari ini?
Waduh tahu tahu kok tulisan sudah banyak, gini saja dech biar sampeyan bacanya ga kebanyakan dan tidak capai, dibawah ini saya beberkan apa beberapa fakta seputar kurikulum dan pengajaran di sekolah sekolah indonesia :
  1. Kurikulum sepenuhnya berdasar KTSP,  kurikulum terbaru yang setiap tahun harus dibuat dokumennya dalam bentuk tulis, sehingga mendorong lebih cepat pembabatan hutan untuk bikin kertas. Kata yang punya cerita satu pohon Cuma bisa jadi kurang dari 10 rim kertas, Kita bisa bayangkan kalau dalam setiap tahun satu sekolah butuh sekitar 2 pohon untuk pembuatan rencana pengajaran dan dokumen KTSP, berapa juta pohon yang kita tebang dalam setahun? Apa tidak ada kurikulum yang lebih ramah lingkungan?
  2. Pengajaran bersifat artifisial , guru indonesia banyak yang tidak mau berkreasi  sehingga pengajaran selalu dilakukan dengan metode, pendekatan dan gaya yang sama dari hari ke hari, apa yang dilakukan di dalam kelas belum menyentuh pada upaya “mengalami langsung”. Padahal  orang bilang ‘ saya mendengar saya lupa, saya menerangkan saya mengerti dan saya melakukan saya memahami”. Pendidikan belum diarahakan pada konteksnya, masih diceritakan saja (artifisial) oleh gurunya .
  3. Kurikulum masih diarahkan hanya untuk peningkatan aspek kognitif, keberhasilan siswa diukur dengan kemampuan menjawab soal yang jawabannya harus dihafalkan.  Apakah kalau kerja nanti anak anak itu akan ditanya hapalannya? Apakah kalau si anak pingin jadi pengusaha harus tahu urutan warna pelangi? Kenapa kita lupa mengajarakan pada anak anak kita kemampuan mengenal diri sendiri? Kemampuan meredam stress, kemampuan management waktu, manajemen sumberdaya, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berkolaborasi dst? Padahal hal hal seperti itulah yang diperlukan kelak saat mereka mulai menapak pada kehidupan yang sesungguhnya.
  4.  kurikulum dibuat untuk membuat anak lulus dengan nilai baik dan sukses dengan UASBN/ UN. Ini akbat langsung dari kondisi no 3 diatas. Yah pendidikan kita didedikasikan sepenuhnya untuk mampu menyelesaikan ujian tulis. Setelah itu jd pengangguran sudah bukan lagi urusan penentu kebijakan pendidikan bukan?
  5. Metode pengajaran masih bersifat tradisional. Seperti biasa guru berceramah atau baca buku, siswanya ribut atau tidur di belakang. Malah hari gini masih ada anak disuruh mencatat/ menyalin tulisan dari buku paketnya.  Inilah sebabnya dunia pendidikan kita bahkan tidak dilirik dikawasan ASEAN.
  6. Belum memiliki pendekatan pengajaran yang spesifik dan terprogram. Yah jangankan pendekatan pengajaran yang spesifik dan terpogram, ini bukan upaya menjelekkan pendidikan di Indonesia, tapi saya Cuma menyampaiakan fakta karena keprihatinan saya sebagi guru, untuk dokumen KTSP dan RPP saja guru guru kita masih mengandalkan COPY and PASTE dari entah siapa yang membuatnya. 
  7. Mulok sudah memperhatikan keperluan komunikasi dimasa depan. Yang di Mulok ini saya pandang sudah ada usaha yang bagus dari banyak sekolah karena merka sudah memeprhatikan kebutuhan siswa dimasa depan, setidaknya sekarang mulok banyak yang memberi tambahan pelajaran IT dan Bahasa Asing.  Perlu peningkatan saja.
  8. Kurikulum diarahkan memenuhi tantangan dengan sekup nasional. Maaf yang ini saya cuma membuat logika terbalik dari program RSBI. Kalau pemerintah punya program RSBI yang dibuat untuk tataran internasional, berarti sekolah yang lain dianggap ga penting dan cukuplah untuk urusan yang bersekup nasional. Dan itu artinya pemerintah juga berkata bahwa apapun yang sekupnya nasional itu jelek, karena yg bagus yang internasional. Indonesia itu jelek kalau internasioanal itu bagus. Dari sini inilah om... asal muasal  hancurnya nasionalisme kita. Dari sekolah kita sudah diajarai untuk berfikir yang nasional itu buruk yg internasioanl itu baik. Terjemahanya Indonesia buruk luar negri bagus. Doktor luar negri sekali ngajar dua juta, doktor UI dan UGM cukuplah limaratus ribu. Benarkah kemampuan mereka berbeda? Kapan kita sadar?
  9. Dalam KBM  belum memperhatikan classroom dan  behaviour management, jangankan diperhatikan, manajemen tingkah laku dan menejemen ruang kelas itu binatangnya berkaki berapa saja sebagian besar guru indonesia belum paham.
  10. Teacher centered instruction, sudah lama pemerintah menganjurakan denga  cara belajar siswa aktif (CBSA)  kemudian akhir akhir ini ada istilah pengajaran engan sistem PAIKEM bahkan ada yang menambah dengan PAIKEM GEMBROT, namun apa mereka ngerti dan sadar kalau semua itu membutuhkan tata letak ruang kelas yang dirancang khusus dan fasilitas yang sesuai dan memadahi? Guru boleh saja di training sampai capai, tapi begitu masuk ke ruangan yang sama tempat dia mengajar sebelum di training ya balik lagi balik lagi, gurunya mendongeng dan muridnya tidur.
  11. Single media. Di jaman seperti sekarang ini dimana kita bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan dari beraneka ragam sumber. Di kelas kelas sekolah kita kondisi tidak berubah. Sumber pengetahuan ya cukup satu saja bibir pak/ibu guru. Itupun kadang informasinya salah dan guru ngotot bahwa itu yang benar.  Sedih bukan?
  12. Information delivery . karena sumber pengetahuan dan informasi Cuma satu yaitu pak/ibu guru maka yang terjadi di sekolah bukan murid belajar (mencari pengetahuan) tapi yang ada pentransferan pengetahuan . siswa dinggap celengan gambar bagong yang setiap hari harus siap dimasukin pengetahuan dan informasi terbatas yang dipunyai pak guru. Padahal pengetahuan yg dipunya pak guru itu bisa jadi informasi menyesatkan karena informasi itu didapat pak gurunya setengah abad yang lalu.
Bapak/ibu guru tidak seperti itu? Atau sekolah bapak/ibu tidak seperti itu? Ya syukurlah kalau begitu memang saya sedang tidak ngomongin bapak/ibu dan sekolah panjengan semua. Atau masih ada yang seperti itu? Ya dirubah dong pak! Kalau dalam merubahnya perlu bantuan bilang saja ke kami,  kami siap bantu.

Jumat, 20 Mei 2011

Strategi “Behaviour Management” Yang Positif.



1.      Perhatikan dan hargai peranggai, sikap dan tingkah laku positif yang anda kehendaki akan dilakukan siswa siswi anda. Dengan menunjukkan ketertarikan pada sikap siswa maka siswa tahu seperti apa sikap dan tingkah laku yang anda harapakan siswa lakukan.
2.      Sebaliknya abaikan sikap dan tindakan yang tidak patut dilakukan siswa. Karena dengan memberi perhatian pada tingkah laku siswa yang tidak pas hanya akan membuat siswa senang karena berhasil menarik perhatian anda dan perbuatan salah itu akan diulangi lagi dialain waktu dengan intensitas yang sama atau lebih besar lagi.
3.      Tentu saja guru hanya boleh mengabaikan sikap buruk siswa itu selama perbuatan itu tidak berbahaya bagi si siswa sendiri, orang laian atau merusak fasilitas sekolah. Kalau nyata nyata perbuatan dan sikap siswa itu sudah membahayakan ketiga hal itu guru harus cepat bertindak.
4.      Jangan pelit terhadap pujian dan kata kata yang memberikan motivasi dan dorongan pada siswa. Berilah dorongan, semangat dan pujian setiap hari pada siswa siswi anda. Ada yang mengatakan seprang anak kira kira mendapat kata kata kotor, buruk dan mematahkan semangat sebanyak 500 kali dalam sehari, sedangkan kata kata yang bagus dan memotivasi berkisar hanya 75 kali. Seimbangkan dengan motivasi dan doirongan dari anda sebagi guru.
5.      Berilah kejelasan pada siswa siswi anda tentang  tingkah laku yang anda harapakan mereka tunjukkan dan yakinkan bahwa mereka mengerti itu.
6.      Dan sekali lagi konsistenlah dengan harapan itu apapun yang terjadi. Konsistensi menunjukkan betapa seriusnya harapan anda pada siswa. Kepatuhan siswa segaris lurus dengan persepsi mereka tentang konsistensi anda. Begitu juga dengan konsekwensi yang mengikuti.
7.      Kalau siswa anda tidak merespon panggilan anda atau perintah anda dalam dua kali perintah atau dua kali panggil. Datangi siswa itu. Biasanya kalau guru sudah mendatangi siswa tersebut akan segera merespon seperti yang anda harapkan.
8.      Hati hati dengan janji dan ancaman yang anda keluarkan, kalau tidak ditepati anda cuma akan dianggap badut yang tidak penting di ruang kelas anda sendiri.
9.      Hindari sindiran yang pedas. Bicarakan saja baik baik agar siswa tidak sakit hati.
10.  Kendalikan diri, kendalikan hati kendalikan emosi, anda harus selalu tampil tenang dan berwibawa, sekali emosi anda terlepas dan anda marah, permasalahan itu tidak tertolong lagi dan anda tidak akan sanggup mengendalikan siswa yang bersangkutan dan juga siswa di kelas lainnya, karena bentakan saat marah bukan cuma membuat “eneg” siswa yang dibentak tapi juga membuat siswa yang laian kehilangan semangat belajar.
11.  Jangan tanya pada siswa “kenapa kamu lakukan itu?” pertanyaan bodoh itu tidak akan pernah dijawab dengan benar oleh siswa. Pertanyaan itu juga tidak mendorong siswa belajar dari kejadian itu tapi siswa malah mencoba mendebat, berbohong kepada guru untuk memebenarkan tindakakannya. Coba ganti perteanyaannya dengan “ Biar semua ini tidak terjadi seharusnya apa yang kamu lakukan?” atau ‘ ‘Ada tidak tindakan lain yang bisa kamu lakukan agar hal seperti ini tidak terulang lagi?”. Pertanyaan ini akan membantu siswa berfikir mendapatkan cara memecahkan permasalahan dia sendiri.
12.  Jangan benci siswanya tapi bencilah apa yang dilakukannya. Guru harus objective yang tidak kita suka itu sikapnya bukan anknya. Pisahkan anak itu dengan perbuatannya. Selamtkan anaknya hancurkan tingkah buruknya. Dengan begitu tidak bijak kalau kita sampai memukul siswa karena emosi.
13.  Jadilah contoh yang baik bagi siswa. Ingat kata Ki Hajar Dewantara “ ing madya sung tuladha”. Di tengah tengah siswa kita harus memebri contoh yang baik. Orang akan lebih mudah mencontoh dari pada menjalakan instruksi yang anda berikan.
14.  Sebagai guru harus cepat tanggap dan merespon semua jenis tingkah laku baik yang buruk maupun yang baik baik dengan memebri pujian ataupun memeberi pengawasan atau bahkan campur tangan.
15.  Beri anak anak pilihan yang mereka harus pilih sendiri dan juga sebutkan konsekwensi dari pilihan mereka. Pastikan mereka paham akan hal ini.

Kamis, 19 Mei 2011

Strategi Mencegah Tingkah Laku Menyimpang (Dalam Managemen Ruang Kelas).


Tujuan dari implementasi managemen tingkah laku di ruang kelas adalah untuk mendorong siswa memahami apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan di dalam ruang kelas dengan berdasarkan pada pertimbangan tanggungjawab pribadi pada komunitas sosialnya ( kelas). Artinya sikap yang terbentuk pada diri siswa harus berasal dari kesadaran akan eksistensi diri  di dalam komunitas dan tanggungjwab sosialnya ketimbang berdasar pada rasa takut siswa akan hukuman yang mungkin didapat dari gurunya.
Sebuah kelas yang dipersiapkan dengan matang baik dari segi managemen tingkah laku maupun menagemen ruang kelasnya akan mampu meredam kelebihan energi siswanya dan membelokkannya pada kegiatan kegiatan yang bermanfaat di dalam kelas. Keberhasilan guru dalam mengarahkan pengunaan energi yang berlebihan dari siswanya untuk kegiatan yang bermanfaat akan meredam dan meminimalisir tingkah laku menyimpang dan kenakalan siswa. Nah dibawah ini kita haturkan beberapa strategi untuk menciptakan ruang kelas dengan managemen yang baik:
1.      Anak anak muda sangat haus pengetahuan dan pengalaman baru. Sebagai seorang guru anda dituntut untuk mampu menciptakan sebuah atmosphir pembelajaran yang secara konsisten menjanjikan hal hal dan pengalaman baru bagi siswanya. Kalau rasa keingintahuan siswa ini tertantang dan terpenuhi siswa akan mampu mengatur tingkah lakunya sendiri sesuai yang diharapkan guru dan merekapun secara sadar an aktif akan terlibat dalam proses belajar mengajar.

2.      Anak muda memiliki ego yang besar dan energi yang besar pula untuk menjaga egonya. Oleh karena itu sebuah lingkungan positif yang menjamin ego ego muda ini aman dari pelecehan dan dari dipermalukan adalah sangat penting untuk meyakinkan siswa bahwa mereka bisa berkarya dan dihargai, sehingga mereka tidak overprotektif terhadap dirinya mau berbaur dan berkerkegiatan positif yang mendorong keberhasilan belajar mereka. Kenakalan siswa sering sekali adalah bentuk dari upaya siswa untuk menjaga kedaulatan egonya dari dipermalukan dan dilecehkan oleh lingkungannya. Kenakalan hanyalah pengalih perhatian dari kelemahan siswa itu sendiri. Lingkungan kelas yang positif tidak akan memunculkan kesempatan dimana sorang siswa nampak bodoh, nampak tidak cakep, nampak tidak menarik dan nampak tidak paham.

3.     Ajak seluruh siswa membuat aturan kelas yang mereka setujui bersama. Anak muda akan mematuhi aturan yang dia merasa bahwa aturan itu mereka sendiri yang menentukan. Tulis dan tempelkan aturan kelas itu sehingga siswa bisa membaca dan anadai ada siswa yang melanggar anda sebagi guru cukup mengatakan, “eh mas...lihat peraturan nomer sekian, apakah sikapmu ini sesuai dengan peraturan yang kamu buat sendiri?”

4.    KOnsistensi guru dalam segala hal harus dijaga baik pada awal, tengah maupun akhir sesi pengajaran. Karena sekali guru tidak konsisten dengan perbuatan, aturan dan konsekwensi yang diberikan pada pelanngara aturan kelas, maka siswa tidak akan menghormati guru dan aturan yang berlaku dalam kelas.

5. Dengan begitu seorang guru juga harus bertindak adil, pelangran yang samam harus diberi konsekwensi yang sama, kalau tidak siswa akan protes pada konsekwensi yang diberikan guru dan kekacauan akan timbul dalam kelas.

6.    Kalau pelanggaran nilai, aturan dan norma sosial di dalam kelas berbuah konsekwensi tertentu, tentu sebaliknya kalau siswa menunjukkan tingkah laku yang baik, yang positif guru harus membrinya perhatian khusus ataupun hadiah.  Sepertinya strategi 'reward and punishment" masih relevan dalm pengajaran sekarang ini, walau 'punishmentnya harus diganti dengan 'konsekwensi" saja.

7.     Kenali nama seluruh siswa, karena orang akan meras senang kalau dipanggil dengan namanya, selain itu memebri peringatan pada pelanggar aturan dengan menyebut nama si pelanggar terasa lebih mantap dan berbobot, serta lebih serius dan tentu saja hal ini akan lebih manjur untuk menghentikan kenakalan siswa.

8.     Guru jangan berusaha ingin disenangi siswa, guru tugasnya mengajar, disenangi siswa adalah hal yang tidak penting. Yang penting jadilah pengajar yang baik. Jangan jadi teman bagi siswa anda. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga rasa hormat siswa pada anda dan jagalah rasa menghargai terhadap siswa anda sendiri.

9.  Siswa biasanya mencoba menjajagi sejauh mana mereka boleh memperlakukan anda. Oleh karena itu jagalah diri untuk tidak membuka kesempatan pada siswa bersikap kurang ajar pada anda sekecil apapun. Kewibawaan anda yang akan jadi taruhannya.

10.  Tunjukkan pada siswa anda bahwa anda sebagi guru cukup menghargai, dan menghormati keberadaan mereka, tunjukkan bahwa anda peduli pada mereka dan masa depan mereka, cobalah mendengarkan mereka, maka sebaliknya tuntutlah siswa untuk juga menghargai dan menghormati anda, buatlah siswa mengerti maksud baik anda dan kepedualian anda pada mereka, maka akan mudahlah bagi anda untuk membantu sisa siswi itu berperilaku baik. 

Selamat mencoba...


Rabu, 27 April 2011

PRINSIP PRINSIP DASAR PENDIDIKAN ABAD 21



Sengaja penulis pakai istilah “pendidikan” dalam judul diatas, karena kata pendidikan itu bermakna jauh lebih luas dari pada kata pengajaran. Pengajaran hanya bermakna membuat siswa bisa mengerti atau melakukan sesuatu seperti yang diajarkan, sementara di lain pihak pendidikan bukan saja membuat siswa mampu melakukan atau mengerti sesuatu saja, tapi juga mampu mengembangkan karakter dan pribadi siswa. Dan pendidikan karakter inilah nantinya yang akan menuntun kesuksesan hidup siswa bukan pengetahuan dan ketrampilannya. Atau setidaknya sampai saat ini dipercaya kalau kepandaian dan ketrampilan hanya membantu sukses tidak lebih dari 20%. Kesuksesan hidup 80% ditentukan oleh karakter dan kepribadian orangnya.

Kembali ke masalah pendidikan, agar guru tidak tersesat dalam mendidik anak anak dan juga tidak melakukan kesalahan fatal sehingga siswanya bukan saja tidak pintar secara intelektual tapi juga tidak berkembang kepribadian dan wataknyapun , guru harus memiliki prinsip prinsip pendidikan yang menjadi tuntunan dan jiwa dari seluruh aktifitas pendidikannya di ruang kelas sebagai berikut:

·      Terbuka, dalam pendidikan harus ada prinsip keterbukaan. Guru harus mampu menunjukan semua sumber belajar yang di butuhkan siswa, sekarang bukan lagi jamannya guru satu satunya sumber belajar. Ini juga berarti guru harus mau menerima masukan dari siswa. Guru tidak usah malu mendapatkan  pengetahuan atau sumber belajarnya dari siswa. Guru juga tidak perlu lagi merasa malu kalau ternyata tidak memahami sesuatu. Terus terang saja pada siswa bahwa anda sebagai guru belum tahu informasi tertentu dan berjanjilah untuk mencari bareng bersama siswa. Dengan begitu dalam kelas akan tercipta kebebasan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Murid bukan lagi objek tapi sudah menjadi subjek dalam belajar. CBSA (Cara belajar siswa aktif)  sudah otomatis berjalan dikelas yang cukup terbuka. 


·         Ruang kelas haruslah menjadi tempat berbagi informasi. Sudah saatnya kita meninggalakan praktek menjadikan ruang kelas tempat belajar mengajar.  ruang kelas yang ideal adallah ruang kelas dimana semua anggota kelas berbagi pengetahuan yang dimiliki, dengan begitu kita tidak akan menemukan ada anak bodoh dan ada anak pintar. Dengan berbagi informasi yang akan kita dapati adalh semua anak didik menjadi orang yang mengerti dan banyak memiliki informasi (well-informed).  selain berbagi informasi juga mengajarkan rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi pada siswa kita. 


·       Selain berbagi informasi, jadikan ruang kelas tempat menempa dan mengembangkan watak dan kepribadian serta sikap siswa. karena tiga komponen kejiwaan itulah bekal mereka merengkuh masa depan. sekali lagi 80% kesuksesan ditentukan olek watak, sikap dan kepribadian kita, ilmu pengetahun cuma menyumbang 20% kesuksesan. Guru harus mampu membuat strategi pengembangn diri siwa ini dalam kelasnya.

  
·         Kelas harus berbentuk sebuah lingkungan yang bebas resiko. Ruang kelas tradisional yang menyimpan resiko siswa bisa malu karena nampak bodoh, dan gagap karena tidak hafal pelajaran harus segera dihilangkan. Buatlah ruang kelas anda bebas resiko malu atau dipermalukan bagi anak didik. Anak didik tidak boleh ditekan dan dipaksa untuk menghafal sekian banyak informasi yang belum tentu berguna bagi kehidupan mereka dimasa datang. Perlu diingat tugas anak dalam kelas adalah “belajar” dan bukan mencari jawaban yang benar dari setiap pertanyaan gurunya Izinkan siswa mengeksplorasi sendiri pengetahuan dan ketrampilan yang ingin mereka kuasai. Tanyakan pada siswa pemahaman mereka bukan hafalan mereka, maka semua anak akan mempunyai jawaban atas semua pertanyaan dan tidak akan ada yang nampak bodoh dan terlecehkan karena tidak mampu menjawab pertanyaan guru. Dan itu artinya guru harus mampu...

·         Mendorong siswa menggunakan kemampuan pemikiran tingkat tinggi (high-order thinking skills). Seperti yang kita semua ketahui menurut taksonomi Bloom, menghafal dan mengerti adalah kemampuan berfikir tingkat rendah (low-order thinking), kalau semua guru hanya mengajarkan siswa sampai pada tataran hafal dan mengerti, itu artinya guru hanya mengajarkan pada siswanya kemampuan berfikir yang remeh temeh, Guru jaman sekarng haruslah mampu mengarahkan siswa berfikir dengan kemampuan berfikir kelas tinggi yang meliputi kemampuan asosiasi, analisa, mensintesa, mengevaluasi dan mencipta. Ini tuntutan jaman bung!!! Atau sampeyan akan hilang terlindas jaman. Untuk mencapai itu guru wajib...

·         Mempunyai harapan yang tinggi pada murid muridnya. Perlu diingat orang akan pintar kalau diperlakukan sebagai orang pintar oleh lingkungannya, orang akan bodoh kalau lingkungannya memperlakukan dia seperti memperlakukan orang bodoh. Anak akan cukup percaya diri kalau diberi kepercayaan oleh lingkungannya, anak akan cenderung jadi minder kalau tidak pernah diberi kepercayaan (Pygmalion effect). Jelas anak akan menjadi seperti apa yang diharapakan guru atau orangtuanya. Oleh karena itu guru harus menetapkan harapan yang tinggi bagi siswa siswinya. Cobalah berikan pertanyaan yang terbuka pada siswa, hindari pertanyaan tertutup, karena pertanyaan tertutup hanya mengajarkan cara berfikir tingkat rendah pada para siswa. harapkan tinggi dan anda akan mendapatkan yang tinggi.


·         Ciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa.  Tugas guru bukan lagi menyediakan banyak informasi yang harus dihafal dan di mengerti siswa. Guru hanya bertugas menjadi fasilitator dan mengawasi jalannya pelajaran. Ciptakan suasana yang mendorong siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan dalam pelajarannya, fasilitasi siswa untuk mencipta dan mendisain sendiri cara belajarnya baik saat belajar mandiri maupun belajar bekerja sama.

·         Ciptakan pembelajaran yang bermakna. Hanya proses pendidikan yang bermaknalah yang akan membekas dan memberi pengaruh pada kesuksan siswa dimasa depan. Pembelajarn dan kurikulum yang bermakna haruslah relevan dengan tingkat intelegensia, kebutuhan, kehidupan, latar belakang, pengalaman dan masadepan peserta didik. Selain itu kurikulum dan proses pendidikan harus menjamin tumbuh kembang fisik dan psikologis anak. Yang tidak kalah penting kurikulum dan proses belajar haruslah menarik.

·         Untuk membuat proses belajar menarik, guru harus menyiapkan aktivitas pembelajaran baik. Guru harus mampu meramu aktivitas pembelajaran yang memperlancar explorasi siswa dan mampu membantu pemahaman siswa atas sebuah objek belajar.

·         Perbedaan. Kata bhinneka tunggal Ika, sudah lama kita dengar. Kata katayang diambil dari kitab negarakertagama itu menegaskan bahwa secara alamiah kita akan melihat beragam perbedaan dalam masyarakat. Guru harus memahamkan siswa siswanya akan perbedaan perbedaan itu dan menyiapkan mereka untuk mampu menerima perbedaan melalui pengajaran dan penciptaan suasana keragaman itu dalam setting ruang kelas. Semua orang, semua siswa yang berbeda beda adalah spesial dan semua orang harus bisa diterima dalam sebuah lingkungan tanpa harus memandang perbedaan.

·         Strategi dan pendekatan pembelajarn harus bervariasi, kalau tidak siswanya akan merasa jenuh. Siswa gagal belajar artinya guru juga gagal mengajar.

Bila pembaca ada masukan atau pertanyaan atau komentar apa saja, silahkan hubungi kami lewat kolom komentar yg tersedia atau lewat e-mail kami, satyawiyatama@yahoo.co.id

ARAH PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK



Dibawah ini kami sajikan karakter karakter unggulan yang dibutuhkan anak didik dimasa masa mendatang. Karakter karakter ini kami kumpulkan dari beberapa sumber agar menjadi masukan bagi sidang pembaca yang mulia dalam mengembangkan konsep pendidkan bagi siswa siswi di sekolah masing masing.
Untuk itu kami berikan saran, arahkanlah siswa siswi kita ini untuk belajar memiliki karakter karakter berikut:

INQUIRERS ( selalu ingin tahu)
Mampu memupuk keingintahuan, senang meneliti dan mempelajari hal hal baru

CRITICAL THINKERS  (Pemikir kritis)
Mengasah kemampuan berfikir, menganalisa dan mengenali kondisi lingkungan untuk mendapatkan gambaran yg tepat atas sesuatu atau membuat keputusan yg beralasan

PROBLEM SOLVERS (Mampu memecahkan masalah)
Mampu menggunakan pengetahuan dan pikiran kristisnya untuk memecahkan masalahnya sendiri

EFFECTIVE COMMINICATORS ( mampu berkomunikasi secara efektif)

Mampu mengekspresikan ide ide dan informasi dengan percaya diri lewat berbagai media dan macam cara berkomunikasi

SELF-DIRECTED LEARNERS (Mandiri)
Mampu memacu semangat diri agar termotivasi untuk mencapai taraf hidup dan kepandaian yg lebih tinggi

COLLABORATIVE WORKERS (Mampu bekerja sama)
Mampu menggerakkan orang lain untuk bekerja bersama sama mencapai suatu tujuan

MORAL AND TOLERANT INDIVIDUALS (Berbudipekerti luhur)
Mampu menghargai dan menghormati perbedaan tanpa merasa lebih baik dan mampu menerima orang lain

CARING (Penuh perhatian dan membantu sesama)
Memiliki empati, rasa kasih sayang terhadap sesama, mau berbuat untuk kepentingan orang lain

OPEN MINDED (berpikiran terbuka dengan cakrawala yang luas)
Bersikap terbuka terhadap sudut pandang, nilai nilai dan tradisi orang lain.

RISK TAKERS (Berani ambil resiko)
 Berani dan mampu menunjukan pikiran yg matang dalam menghadapi situasi baru, ketidakpastian dan peran peran baru

OPPORTUNITY SEEKERS  (Mampu melihat peluang)
 Berani dan mampu mengexplorasi pikiran dengan kemampuan analisa dan asosiasi yang handal sehingga siswa mampu menangkap adanya peluang peluang yang bisa digarap untuk kejayaan masa depan.


PRINCIPLED (berprinsip)
Memiliki kejujuran, integritas diri sehingga mampu bertanggungjawab atas perbuatannya sendiri

REFLECTIVE ( Mampu mengevaluasi diri)
Mampu memahami kelebihan dan kelemahan diri untuk mendukung pengembangan diri  


Sebagai catatan daftar dari karakter karakter diatas sekarang ini juga sudah tertempel di dinding sebuah sekolah yang sedang kami tangani pengembangannya, agar dipahami sivitas akademika yang bersangkutan dan mereka mengerti kemana harus melangkah.

Selasa, 26 April 2011

LANGKAH PENGEMBANGAN SEKOLAH SECARA UMUM


Menurut sebuah sumber yang susah penulis untuk melacak asalnya pada dasarnya selalu ada tiga pilar utama permasalahan yang harus selalu diperhatikan dan diselesaikan dalam  pengembangan sekolah pada umumnya. saya tulis pada umumnya memang saya saat ini tidak sedang berbicara tentang sekolah tertentu.  Ketiga pilar utama permasalahan yang perlu perhatian tersebut adalah sebagai berikut.

Managemen sekolah sebagai pilar pertama menyangkut tiga  aspekpenting yang harus diperhatikan; (1) system pendidikan, (2) system organisasi serta (3) sarana and prasarana sekolah. Pilar ini sangat penting bagi perkembangan sekolah karena keberadaan pilar ini menentukan efektifitas and efiseiensi penyelenggraraan sekolah, serta akuntabilitas yang pada akhirnya nanti akan berpengaruh pada kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tersebut.
Sumber daya manusia sebagi pilar kedua juga perlu diperhatikan pengembangannya. Sumberdaya manusia di sekolah itu terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan non kependidikan serta siswa. Seluruh SDM dimaksud sangat perlu mendapatkan perhatian dan pengembangan yang semetinya, karena pengembangan sumberdaya manusia di sekolah  akan menentukan seberepa besar and tingginya tingkat pengetahuan yg dimiliki anggota organisasi sekolah tersebut. Tingkat pengetahuan anggota sebuah organisasi sekolah juga pada akhirnya akan menentukan seberapa hebat and cakap ketrampilan yg dikuasai mereka Sementara pengetahuan and ketrampilan yg dikuasai tersebut akan berpengaruh pada paradigma mereka tentang pendidikan. Paradigm mereka sebagi angota civitas akademika sekolah akan berpengaruh terhadap tingkah laku and idealism mereka. dan kesemuanya akan bermuara pada bermutu tidaknya sebuah sekolah.

untuk masalah peningkatan sumberdaya manusia ini kami bisa membantu dan melayani baik keperluan sekolah sekolah tradisonal maupun sekolah yang mencoba menerapkan paradigma pendidikan abad 21. Oleh karena itu pelatihan yang kami tawarkan kami buatkan daftar campuran anatar keperluan sekolah tradisional dan modern, bagi yang perlu ya pilih sendiri jenis pengembangn mana yang diinginkan. Macam macam pelatihan dan pengembangan yang kami siapkan diantaranya adalah
sebagai berikut :
·         Pelatihan dibidang etika profesi
·         Pelatiahn dibidang motivasi.
·         Pelatihan manajemen.
·         Pelatihan pengembangan KTSP
·         Pelatihan pembuatan silabus and RPP
·         Pelatihan tehnik evaluasi and pengemebangan assessment siswa.
·         Pelatihan  kepemimpinan.
·         Pelatihan  penentuan KKM/ SKBM
·         Pelatihan analisa butir soal
·         Pelatihan pembuatan Program tahunan and program semester.
·         Pelatihan penelitian tindakan kelas.
·         Pelatihan pembauatan kisi kisis soal.
·         Pelatiahan penulsan ilamiah and popular.
·         Pelatihan pembuatan rencana pengembangan sekolah.
·         Pelatihan pengembangan TQM (total quality management ) and TCS (total customers’ satisfaction)
·         Pelatihan pembuatan presentasi dg Powerpoint
·         pelatihan bahasa inggris.
·         Pelatihan computer.
·         Pelatihan management kelas
·         Pelatihan management tingkah laku
·         Pelatihan pengemebnagn otak kiri and otak kanan.
·         Pelatihan Pengembangan kecerdasan ganda (multiple intelegences)
·         Pelatihan Contextual teaching learning (CTL)
·         Pelatiaan Quantum learning
·         Pelatihan pelaksanaan Student centered0Learning
·         Pelatihan integrated learning
·         Pelatihan mind mapping and spider web.
·         Pelatihan metodologi pengajaran.
·         Pelatihan ATL (approaches to learning)
·         Pelatihan  penggunaan Bloom’s taxonomy dalam pembelajaran.
·         Pelatihan tentang pengajaran and bagaiamana menjadi guru yang baik.
·         Pemantapan tujuan  pengembangan  sekolah.
·         Pelatiahn penangan kasus siswa.
·         Pelatiahan pengembangan leadership dalm pengajaran.
·         Pelatihan pengembangan entrepreneurship dalam pengajaran.
·         Pelatiahan pengajaran life skills.
·         Pelatihan tentang narkoba
·         Pelatiahan tentang bahaya sex bebas
·         Pelatiahan tentang Problem –based learning.
·         Pelatiahan metodologi pengajaran.
·         Pelatiahan ESQ
·         Pelatiahan school based management.
:

Pilar yang terakhir, adalah keterlibatan masyarakat. Pada dasarnya sekolah adalah milik masyarakatnya. Ibarat sekolah itu ikan maka masyarakat  adalah airnya, oleh karena itu sekolah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat sekitarnya sebagai stakeholders. Oleh karena itu sudah selayaknya sekolah memperhatikan dan menjaga hubungan baik dengan mereka ( orang tua, lingkungan sekitar, dan dunia usaha), karena melibatkan masyarakat dalam proses pendidikan disekolah akan menuai keasadaran masyarakat akan arti sekolah dan institusi sekolahnya. Kesadaran itu akan berbuah dukungan positif pada keberadaan sekolah, dan akhirnya partisipasi aktif masyarakatpun , dalam jangka panjang, bisa juga kita menangkan.
Dengan begitu, jelaslah kiranya bila sekolah perlu meningkatkan dan menjaga ketiga pilar penopang sekolah diatas. Dalam hal peningkatan kwalitas ketiga pilar diatas bisa dilakukan melewati tiga jalur pengembangan and peningkatan. Jalur pertama adalah peningkatan kwaliatas and kelengakapan administrasinya jalur kedua adalah peningkatan pada mutu sumberdaya manusianya dan yang terakhir adalh peningkatan mutu and kelengkapan sarana and prasarana pendidikannya

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...