Sabtu, 06 Mei 2023

Dahsyatnya Pengaruh Perhatian Guru Pada Siswanya Terhadap Keberhasilan Proses Belajar Di Kelas

 


Sebelum kita membicarakan tentang siswa yang tidak bisa diam dan memperhatikan pelajaran, siswa yang tidak bisa diatur agar untuk sekedar mau mengikuti peraturan dan rutinitas kelas. Juga sebelum mendiskusikan bagaimana guru harus bersikap, berbuat dan bertindak untuk mengembalikan semua siswa pada tugasnya dan menjadikan ruang kelas jadi tempat yang kondusif untuk belajar. Satu hal yang pasti dan perlu guru sadari adalah bahwa semua siswa sebetulnya menunggu tanda kepastian dari guru bahwa keberadaan mereka diperhatikan dan diakui oleh gurunya.

Di sinilah sebetulnya titik krusial dan sekaligus titik persimpangan apakah seorang guru akan sukses mengajar di kelasnya atau kelas dan pelajarannya akan berantakan selama satu semester ke depan. Sekali lagi, hal ini sangat penting untuk guru ketahui dan perhatikan, karena kenakalan siswa, ketidakdisiplinan siswa sering sekali berasal dari perasaan bahwa mereka tak mendapatkan perhatian dari gurunya. Mereka berpikir bahwa gurunya tak tertarik padanya, tak menganggapnya penting keberadaannya, dan hanya memilih dan memperhatikan siswa tertentu atau siswa lain saja yang tentu bukan dirinya. Perasaan tidak dianggap oleh gurunya ini yang sering memicu pelanggaran aturan,  kedisiplinan dan kekacauan dalam manajemen ruang kelas.

Kekacauan ruang kelas, pelanggaran aturan dan disiplin kelas semacam ini sebetulnya bisa dihindari, kalau sejak awal masuk kelas, guru sudah membagi adil seluruh cinta dan perhatiannya pada semua siswa yang ada di dalam ruang kelasnya. Buatlah semua siswa merasa dipentingkan, diperhatikan dan diperlakukan secara adil sehingga semua merasa diistimewakan oleh gurunnya, agar tak ada kecemburuan di dalam ruang kelas yang berpotensi menyebabkan rusaknya suasana yang kondusif untuk belajar dan mengajar.

 Itulah kenapa penting bagi seorang guru untuk memperhatikan semua siswanya dan memberikan sinyal atau tanda pada semua siswa bahwa guru mengenalnya, menganggap mereka penting sehingga siswa bisa merasakan bahwa guru benar benar memperhatikan diri dan perkembangan belajarnya. Dengan demikian guru pun mempunyai jaminan akan memiliki ruang kelas yang sangat kondusif baginya untuk mengajar dan yakin semua siswanya bakalan on-task semua.

 

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...