Kamis, 09 Maret 2023

Lima Langkah Guru Menuju Keberhasilan Proses Belajar Mengajar


Tujuan utama seorang guru masuk ke ruang belajar di dalam kelas tentu saja bukan untuk proses pengajarannya itu sendiri, tetapi adalah keberhasilan siswa dalam pembelajaran; baik kesuksesan siswa dalam menyerap materi pengajaran, peningkatan ketrampilan hidup siswa, peningkatan ketrampilan sosial siswa, maupun kesuksesan siswa dalam membangun karakter dan kepribadian  masing masing. Tujuan inilah yang hendaknya selalu jadi fokus perhatian seorang guru, karena hal hal tersebutlah hasil belajar yang diharapkan dan ditunggu orang tua, wali siswa, di rumah.

Untuk bisa mengabulkan harapan orang tua dan wali siswa itu, guru wajib menciptakan sebuah situasi dan kondisi ruang kelas yang aman dan nyaman untuk proses belajar mengajar. Aman di sini menggambarkan kondisi di mana tidak ada gangguan secara fisik baik itu berupa kekacauan, keributan, suara bising ataupun ancaman keselamatan siswa secara jasmaniah di dalam kelas. Nyaman mengindikasikan bahwa guru wajib menjaga seluruh siswa peserta didiknya dalam kondisi terjaga dari ancaman dan tekanan secara psikologis atau kejiwaan.

Untuk mendapatkan suasana ideal ini, guru wajib berusaha keras untuk membangun; 1. kerja sama mutualisma dengan siswa siswanya, 2. memastikan besarnya keterlibatan siswa dalam proses belajar, 3. serta membangun lingkungan kerja dan lingkungan belajar yang positif, 4. membuat rencana pengajaran yang baik, 5. menyusun kurikulum yang terstruktur dan sistematis. Kelima hal itulah yang akan mendorong terbentuknya lingkungan belajar yang kondusif dan efektif sehingga tujuan pembelajaran yang dicanangkan guru juga mudah direalisasikan.

 

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...