Rabu, 08 Maret 2023

Lima Langkah Pengendalian Ruang Kelas Yang Efektif Dan Efisien

 


Untuk bisa mengeksekusi proses belajar mengajar dengan efektif efisien seorang guru dituntut untuk bisa mengendalikan kelas dengan baik. Kalau seorang guru bisa menempatkan semua aspek yang terkait ruang kelas tempat dia bekerja dalam kendali dia, maka hambatan dalam melakukan tugas pengajaran pada seluruh siswa di dalam kelas tak akan ada banyak kendala. Untuk pengendalian kelas ini, guru dituntut untuk benar benar menguasai hal hal berikut;

1.       Seluruh siswa di dalam kelas harus berada dalam kendali guru, jangan beri peluang siswa berbuat sesuka hati di dalam ruang kelas. Pastikan tak ada seorang siswa pun yang ada di luar perhatian, pengawasan, dan kontrol guru. Seorang siswa yang tak terpantau kegiatannya di dalam ruang kelas biasanya cenderung akan berbuat menyimpang dan off-task.

2.       Ruang kelas secara utuh harus dalam penguasaan guru. Jangan ada area dalam ruang kelas yang lepas dan luput dari pantauan dan penguasaan guru, Itulah kenapa seorang guru perlu  bergerak keliling kelas untuk memberi sinyal pada siswa bahwa guru tak akan membiarkan ada teritori di dalam ruang kelas tanpa pengawasan. Hal ini menyiratkan bahwa sebelum mulai mengajar guru wajib mengatur penempatan fasilitas kelas, terutama meja, kursi, papan tulis, dan fasilitas lain, tujuannya untuk memastikan ada ruang untuk bergerak bagi semua siswa dan terutama ruang gerak untuk guru agar bisa bergerak cepat menjangkau siswa mana pun yang perlu perhatian dan penanganan segera di dalam kelas.

3.       Waktu yang dijadwalkan di dalam kelas itu harus utuh dikuasai guru dan jangan pernah izinkan siswa menguasai penggunaan waktu yang diberikan itu dengan membuat ulah yang menyita perhatian seluruh kelas. Itulah kenapa guru yang efektif wajib tegas, berwibawa dengan perencanaan yang lengkap sebelum masuk ruang kelas.

4.       Perlengkapan dan peralatan , serta alat bantu belajar yang ada di dalam kelas penggunaannya harus dalam pemantauan dan pengawasan guru. Jangan izinkan siswa menggunakan fasilitas kelas untuk hal yang tak sesuai dengan tujuan belajar mengajar.

5.       Bahan ajar juga harus dikuasai guru, jangan sampai ketika ada pertanyaan dari siswa yang kritis, gurunya gelagapan untuk menjelaskannya. Kalau hal ini sampai  terjadi maka sedikit demi sedikit otoritas seorang guru bisa tergerus dan kepercayaan siswa terhadap guru berkurang. Wibawa guru pun akan merosot dan kelas tak akan bisa dikendalikan.

Kalau semua hal itu bisa dikuasai guru, proses belajar mengajar di dalam kelas akan berjalan lancar, efektif, efisien. Semua siswa akan berada dalam kondisi on-task, tak ada keributan. Semua aspek ruang kelas dalam pengendalian, target target pengajaran pun akan dengan mudah dicapai. Tak bisa dipungkiri lagi, akan selalu ada kaitan antara bagusnya guru mengatur kelasnya dengan tingkat pencapaian belajar yang digapai siswa siswanya.

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...