Senin, 15 Mei 2023

Cara Menasehati Siswa dan Strategi Pemberian Pujian dan Penghargaan Pada Siswa

 


 

Siswa itu juga manusia seutuhnya yang punya  perasaan yang harus dijaga, kehormatan yang harus ditegakkan. Guru dalam menangani siswa yang kurang disiplin atau melanggar aturan hendaklah menjaga untuk tidak menyinggung perasaan, melanggar kehormatannya dan jangan mempermalukan siswa di depan teman temannya. Oleh karena itu bila guru ingin menasihati siswa atau membenahi tingkah lakunya akan lebih baik kalau guru melakukannya dengan pembicaraan yang pribadi. Siswa yang bersangkutan diajak menjauh dari temannya dan baru diberi nasihat. Mudahnya, apabila mau memberi nasihat, teguran atau menunjukkan kesalahan siswa, guru harus membuatnya sepribadi  mungkin.

Kondisi itu sangat berbeda apabila ada siswa yang berprestasi atau siswa yang berkelakuan baik, dan guru ingin memberi penghargaan pada siswa yang bersangkutan memberi hadiah atau sekedar pujian. Kalau guru mau memberi nasihat atau meluruskan sikap dan tindak tanduk siswa harus dilakukan sepribadi mungkin, akan tetapi apabila mau memberi penghargaan atau hadiah pada siswa atas prestasinya usahakan dilakukan di depan teman temannya. Pemberian pujian atau hadiah di depan teman temannya, itu akan memperbesar kebanggaan diri siswa, meningkatkan perasaan dihargai, dan akan makin membuat siswa percaya diri karena merasa didukung oleh lingkungan. Selain itu penghargaan yang diterima juga akan mengokohkan sikap pribadinya karena merasa apa yang dilakukan sudah benar karena terbukti dia mendapatkan penghargaan atas apa yang dilakukannya itu.

Sebaliknya bagi siswa lain yang menyaksikan pemberian penghargaan atau pujian itu, juga akan belajar memahami sikap dan tindakan apa yang dilakukan dan dihargai oleh lingkungan belajarnya. Hal ini diharapkan bisa memicu keinginan siswa yang lain untuk ikut berprestasi atau meluruskan tingkah lakunya agar bisa menikmati hadiah dan penghargaan yang sama.

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...