Selasa, 26 April 2011

LANGKAH PENGEMBANGAN SEKOLAH SECARA UMUM


Menurut sebuah sumber yang susah penulis untuk melacak asalnya pada dasarnya selalu ada tiga pilar utama permasalahan yang harus selalu diperhatikan dan diselesaikan dalam  pengembangan sekolah pada umumnya. saya tulis pada umumnya memang saya saat ini tidak sedang berbicara tentang sekolah tertentu.  Ketiga pilar utama permasalahan yang perlu perhatian tersebut adalah sebagai berikut.

Managemen sekolah sebagai pilar pertama menyangkut tiga  aspekpenting yang harus diperhatikan; (1) system pendidikan, (2) system organisasi serta (3) sarana and prasarana sekolah. Pilar ini sangat penting bagi perkembangan sekolah karena keberadaan pilar ini menentukan efektifitas and efiseiensi penyelenggraraan sekolah, serta akuntabilitas yang pada akhirnya nanti akan berpengaruh pada kepercayaan masyarakat terhadap sekolah tersebut.
Sumber daya manusia sebagi pilar kedua juga perlu diperhatikan pengembangannya. Sumberdaya manusia di sekolah itu terdiri dari kepala sekolah, guru, karyawan non kependidikan serta siswa. Seluruh SDM dimaksud sangat perlu mendapatkan perhatian dan pengembangan yang semetinya, karena pengembangan sumberdaya manusia di sekolah  akan menentukan seberepa besar and tingginya tingkat pengetahuan yg dimiliki anggota organisasi sekolah tersebut. Tingkat pengetahuan anggota sebuah organisasi sekolah juga pada akhirnya akan menentukan seberapa hebat and cakap ketrampilan yg dikuasai mereka Sementara pengetahuan and ketrampilan yg dikuasai tersebut akan berpengaruh pada paradigma mereka tentang pendidikan. Paradigm mereka sebagi angota civitas akademika sekolah akan berpengaruh terhadap tingkah laku and idealism mereka. dan kesemuanya akan bermuara pada bermutu tidaknya sebuah sekolah.

untuk masalah peningkatan sumberdaya manusia ini kami bisa membantu dan melayani baik keperluan sekolah sekolah tradisonal maupun sekolah yang mencoba menerapkan paradigma pendidikan abad 21. Oleh karena itu pelatihan yang kami tawarkan kami buatkan daftar campuran anatar keperluan sekolah tradisional dan modern, bagi yang perlu ya pilih sendiri jenis pengembangn mana yang diinginkan. Macam macam pelatihan dan pengembangan yang kami siapkan diantaranya adalah
sebagai berikut :
·         Pelatihan dibidang etika profesi
·         Pelatiahn dibidang motivasi.
·         Pelatihan manajemen.
·         Pelatihan pengembangan KTSP
·         Pelatihan pembuatan silabus and RPP
·         Pelatihan tehnik evaluasi and pengemebangan assessment siswa.
·         Pelatihan  kepemimpinan.
·         Pelatihan  penentuan KKM/ SKBM
·         Pelatihan analisa butir soal
·         Pelatihan pembuatan Program tahunan and program semester.
·         Pelatihan penelitian tindakan kelas.
·         Pelatihan pembauatan kisi kisis soal.
·         Pelatiahan penulsan ilamiah and popular.
·         Pelatihan pembuatan rencana pengembangan sekolah.
·         Pelatihan pengembangan TQM (total quality management ) and TCS (total customers’ satisfaction)
·         Pelatihan pembuatan presentasi dg Powerpoint
·         pelatihan bahasa inggris.
·         Pelatihan computer.
·         Pelatihan management kelas
·         Pelatihan management tingkah laku
·         Pelatihan pengemebnagn otak kiri and otak kanan.
·         Pelatihan Pengembangan kecerdasan ganda (multiple intelegences)
·         Pelatihan Contextual teaching learning (CTL)
·         Pelatiaan Quantum learning
·         Pelatihan pelaksanaan Student centered0Learning
·         Pelatihan integrated learning
·         Pelatihan mind mapping and spider web.
·         Pelatihan metodologi pengajaran.
·         Pelatihan ATL (approaches to learning)
·         Pelatihan  penggunaan Bloom’s taxonomy dalam pembelajaran.
·         Pelatihan tentang pengajaran and bagaiamana menjadi guru yang baik.
·         Pemantapan tujuan  pengembangan  sekolah.
·         Pelatiahn penangan kasus siswa.
·         Pelatiahan pengembangan leadership dalm pengajaran.
·         Pelatihan pengembangan entrepreneurship dalam pengajaran.
·         Pelatiahan pengajaran life skills.
·         Pelatihan tentang narkoba
·         Pelatiahan tentang bahaya sex bebas
·         Pelatiahan tentang Problem –based learning.
·         Pelatiahan metodologi pengajaran.
·         Pelatiahan ESQ
·         Pelatiahan school based management.
:

Pilar yang terakhir, adalah keterlibatan masyarakat. Pada dasarnya sekolah adalah milik masyarakatnya. Ibarat sekolah itu ikan maka masyarakat  adalah airnya, oleh karena itu sekolah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat sekitarnya sebagai stakeholders. Oleh karena itu sudah selayaknya sekolah memperhatikan dan menjaga hubungan baik dengan mereka ( orang tua, lingkungan sekitar, dan dunia usaha), karena melibatkan masyarakat dalam proses pendidikan disekolah akan menuai keasadaran masyarakat akan arti sekolah dan institusi sekolahnya. Kesadaran itu akan berbuah dukungan positif pada keberadaan sekolah, dan akhirnya partisipasi aktif masyarakatpun , dalam jangka panjang, bisa juga kita menangkan.
Dengan begitu, jelaslah kiranya bila sekolah perlu meningkatkan dan menjaga ketiga pilar penopang sekolah diatas. Dalam hal peningkatan kwalitas ketiga pilar diatas bisa dilakukan melewati tiga jalur pengembangan and peningkatan. Jalur pertama adalah peningkatan kwaliatas and kelengakapan administrasinya jalur kedua adalah peningkatan pada mutu sumberdaya manusianya dan yang terakhir adalh peningkatan mutu and kelengkapan sarana and prasarana pendidikannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini / Would you please leave a comment or a critique for the sake of my future writing improvements?

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...