Selasa, 12 Februari 2013

Ketrampilan Hidup Leaderpreneurship untuk Sekolah Masa Depan





Perkembangan tehnologi, utamanya tehnologi informasi yang begitu pesat, bukan saja membawa kemudahan kemudahan di semua sektor kehidupan manusia, tapi ternyata membawa dampak sosial ekonomi yang tak terpikirkan sebelumnya. Sistem hubungan sosial berubah, karena tehnologi informasi mampu meniadakan jarak dan waktu bagi manusia untuk berinteraksi.  Kita bisa berinteraksi dengan siapapun secara instant dimanapun dan kapanpun , hal yang sangat mustahil untuk bisa dilakukan 30 tahun yang lalu. Secara ekonomi tehnologi juga menjanjikan efektifitas dan efisensi kerja yang luar biasa. Saking efektif dan efisiennya pekerjaan yang bisa dilakukan tehnologi, samapai tenaga manusia tidak dibutuhkan lagi. Akibatnya banyak pekerjaan yang dulu ada sekarang sudah menghilang, dan akhirnya muncul juga pekerjaan pekerjaan baru yang sepuluh tahun yang lalu saja tidak terbayangkan adanya.
Namun sayangnya ketrampilan hidup yang diajarkan di sekolah pada siswa siswinya masih ketrampilan hidup saat tehnologi dan utamanya tehnologi informasi belum berkembang seperti sekarang. Ketrampilan hidup yang diajarkan disekolah masihlah ketrampilan hidup dimana dunia masih menggunakan tehnologi  lama dan tehnologi  informasi masih sangat sederhana. Ketrampilan hidup yang didapat disekolah tak lebih dari kemampuan mengerti dan hafal bberapa teori pengetahuan, mampu lulus ujian punya ijasah dan bisa mencari kerja diperkaantoran.  Sedangkan seperti yang sudah diutarkan diatas, bahwa kehadiran perkembangan tehnologi yg bgt pesat telah meniadakan jenis jenis pekerjaan yng bisa dikerjakan orang yang “pinter” dengan nilai ujian tinggi. Pekerjaan pekerjaan yang tersedia telah berubah dan akan terus berupah dengan cepat, oleh karena itu ketrampilan hidup yang diajarkan di sekolah sudah seharusnyalah segera dirubah sesuai dengan permintaan jaman, atau setidaknya  ketrampilan hidup yang harus diajarkan sekolah ada siswa siswinya haruslah ketrampilan hidup yang bisa secara  fleksibel di-up grade untuk mengikuti jaman dimana siswa siwi itu nanti hidup dan menghidupi diri.
Hal ini tentu adalah tugas berat sekolah untuk memformulakan ketrampilan hidup apap yang harus diajarkan dan bagaimana mengajrkannya. Tentu saja hal ini memerlukan kreatifitas, inovasi  dari warga sekolah yang visioner untuk menentukan.
Nah, dalam tulisan singkat ini, penulis hanya ingin urun rembug, memberi masukan , atau setidaknya melempar ide untuk di diskusikan dengan sidang pembaca semuanya. Penulis mempunyai  akan melempar beberapa ketrampiln hidup yang bisa diajarakn di sekolah demi masa depan siswa siswi kita. Tentu kebenaran ide ini masih perlu dikajilagi, oleh karena itu sejak awal penulis sudah menyatakan bahwa ide ini masih debatable dan ingin di diskusikan dengan sidang pembaca.
Mengingat dimasa depan, tehnologi masih akan terus berkembang, situasi soaial ekonomi akan terus bergeser, sumberdaya alam akan makin menipis, perekonomian tidak lagi akan berbasis pada perekonomian manufacturing lagi dan perekonomian kreatif akan jadi trend ke depan, maka ketrampilan hidup (life skills) yang perlu diajarkan pada siswa disekolah adalah sebagi berikut:
          Understanding oneself and others
          Communication skills
          How to get along with others
          Learning to learn
          Decision making
          Managing
          Organizing/ working along with others
          Inovation
          creatifity
          Risk taking
          Business perspectives
          Opportunity building  
          Self understanding.
          Marketing
          Selling
          Foreign languages
          Information technology
          Management
          Administration
Terus terang penulis agk malas untuk menjelaskan “kenapanya” untk tiap ketrampilan hidup yang ada, namun bisa penulis katakan bahwa tujuh ketrampilan hidup pertama adalah ketrampilan hidup yang terkait dengan kepemimpinan, 8 ketrampilan hidup berikutnya adalah ketrampilan hidup yang terkait dengan kemampuan berbisnis atau menjalankan tindakan entreprenerial dan 4 ketrampilan yang terakhir adalah ketrampilan hidup yang akan mendukung dua kelompok ketrampilan hidup yang sebelumnya yaitu ketrampilan hidup kepemimpinan dan kewirausahaan atau dalam bahasa inggris disebut sebagai leadership life skills and entrepreneurship life skills. Dan kalau mau diperpendek itu semua adalah ketrampilan hidup LEADERPRENEURSHIP yang wajib dipunya semua siswa sekolah.  Semoga berguna....

Minggu, 03 Februari 2013

PERLUKAH SEKOLAH MEMPERHATIKAN " MOMENT OF TRUTH"?



Bagi sekolah sekolah negri baik tingkatan SD yang paling rendah sampai SMA ataupun SMK yang paling tinggi, mencari siswa baru bukanlah suatu hal yang susah. Buka pendaftaran selama satu minggu saja, siswa yang datang akan melebihi kuota yang bisa mereka terima. Hal ini tentu para sidang pembaca sadari bukanlah hal yang mengada ada. Daya tarik siswa untuk bersekolah di sekolah sekolah negri begitu besarnya sehingga tak diperlukan lagi apa yang oleh orang pintar disebut sebagai marketing strategy. Mereka ga peduli apa dan bagaimana sekolah negri tersebut, product tidak penting bagi pelanggan sekolah negri toh pada dasarnya standarad pendidikan sekolah negri ya standard tidak terlalu berbeda dari satu sekolah ke selolah yang lainnya. Hal ini akan tetap seperti itu selama negri-minded masih ada dipikiran masyarakat kita, dan fakta bahwa sekolah negri sebetulnya gratis adalah daya tarik yaang berikutnya.

Tapi tidak seperti itu yang terjadi pada sekolah swasta. Mereka harus bertarung keras untuk merebut pasar. Strategi harus dijalankan, produk pendidikannya haruslah “berbeda “ dari sekolah lain. Semua sumberdaya harus dikerahkan dan diperbaiki untuk mendapatkan pangsa pasar yang sebetulnya tidak terlalu besar.

Hal hal besar wajibdiperhatikan , hal hal kecil tidak boleh dibiarkan kalau sekolah ingin tetap bertahan menghadapi kerasnya persaingan. Namun adakalanya sekolah hanya terfokus pada hala hal besar, hal hal kecil diabaikan. Gedung diperbagus, fasilitas lengkap, promosi gencar dan besar besaran, tapi banyak hal kecil tapi strategis tidak tersentuh, akibatnya sekolah tetap bergerak ditempat hidup segan mati tak mau.
Salah satu yang suka dilupakan oleh sekolah adalah tidak pandainya warga sekolah menjaga dan memanfaatkan “Moment of truth”. Tentu istilah ini tidak terlalu familiar di sekolah karena istilah ini seringnya hanya berkeliaran di bisnis bisnis keramahtamahan (hospitality) . Di dunia bisnis macam  hotel, restauran, bar , karaoke dan sejenisnya, moment of truth ini sangat diperhatikan, karena hal ini akan berimbas pada lanjut atau gulung tikarnya usaha. Tapi penyelenggara pendidikan belum banyak yang memeprhatikan moment of truth ini.

Nah dalam tulisan pendek saya ini saya Cuma mau mengingatkan para penyelenggra sekolah untuk memperhatikan moment of truth ini, agar kejayaan selalu berada di genggaman sampeyan semua.
Moment of truth secara gampangnya  adalah berbagai kesempatan, hubungan,interaksi ataupun  pertemuan yang terjadi antara badan usaha dan yang merepresentasikannya dengan pelanggan di saatmana pelanggan itu akan
mengalami dan mendalami apakah kebutuhan dan pelayanan yang diperlukan tersedia dengan baik dan pelanggan akan memberikan penilaian terhadap pelayanan perusahaan atau badan usaha tersebut. Penilaian pada moment of truth ini akan menentukan apakah pelanggan akan tetap menjadi pelanggan atau akan segera angkat kaki dan mencari pelyanan di tempat lain.

Bagi sekolah, setelah gedung dan fasilitas diperbaiki, kurikulum sudah di “up grade”, moment of truth ini akan banyak muncul dalam pelayanan pada siswa maupun pada orangtua siswa baik yang diberikan oleh guru maupun staff yang lain. Sekolah yang ingin memeprtahankan pelanggan harus bisa memastikan guru dan karyawannya bisa bekerja keras, melakukan seluruh pekerjaan dengan baik, melayani pelanggan
dengan baik dan semunya harus tepat waktu baru bisa menjamin bahwa pelanggan akan tetap dalam genggaman atau akan kembali lagi.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena, kata yang punya ilmunya, satu moment of truth yang buruk akan menghapuskan 10 kebaikan atau kehebatan yang lain. Kita bisa bayangkan ada calon orangtua siswa yang sedang ke sekolah ingin mencarikan sekolah bagi putranya tercinta, baru sampai depan sekolah orang tua ini sudah terkagum melihat kemegahan calon sekolah anaknya. Tempat parkirnya juga luas, tamannya juga enak dipandang mata. Masuk ke teras sekolah sudah disambut dengan hawa dingin dan wangi, sekolah tertata rapi fasilitas lengkap dan nampak aman bagi anak untuk sekolah. Membaca visi misi sekolah dan program pendidikannya yang begitu hebat tambah mantap saja si orangtua ini ingin menyekolahkan anaknya disekolah itu. Orangtua ini sudah yakin bahwa sekolah ini adalah sekolah yang tepat untuk anaknya, ga peduli bahwa nanti uang masuk atau sppnya sebesar apa, pokoknya anaknya harus sekolah di sekolah ini.
Namun begitu siorantua mulai ketemu guru dan karyawannya kok semuanya cuek saja ga ada yang memperhatikan si orangtua ini. Tiddak ada yang menegur atau sekedar senyum saja. Masuk ke bagian adminsitrasi tidak juga ada yang peduli, hakan pegawai sekolah malah asyyik ngobrol dan bercanda sendiri. Setelah si calon orangtua siswa bilang “permisi” baru ada yang melihat dan memperhatikan. Setelah calon orangtua siswa bertanya tentang sekolah, mereka menjawab “temui kepala sekolah saja bu/pak”,  dan mereka balik lagi ngobrol dengan temannya, ga peduli lagi dengan calon orantua siswa ini.
Kira kira kalau calon orangtua siswa itu anda, sidang pembaca, masih berhasratkah menyekolahkan anak bapak/ibu disekolah yang megah ini? Tentu sampeyan akan berfikir ulang, penilaian yang bagus tentang sekolah itu diawal akan langsung hilang setelah kekecewaan saat dicuekin oleh warga sekolahnya.  Pada ilustrasi ini, sekolah telah kehilangan moment of truth. Semaakin banyak sebuah sekolah kehilangan moment of truth akan semakin ditinggalkan siswanya.
Oleh karena itu sekolah atau bentuk usaha yang lain harus berusaha mati matian untuk tidak pernah kehilangan moment of truth, mengharuskan staff dan gurunya memebrikan pelayanan yang terbaik dan menunjukkan keramahtamahan yang luar biasa pada siapa saja yang datng ke sekolah. Kunci pokok dari moment of truth ini sebetulnya gampang. Sadaarkan seluruh warga sekolah untuk memanusiakan manusia. Pastikan pelanggan adalh raja, jangan dicuekin, jangan dicemberutin, jangan disinggung perasaanya. Jangn biarkan siapa saja yang berada disekolah kebingungan tanpa ada yang menolong dan jangan pernah lupa berikan senyum manis pada semua aorang dilingkungan sekolah. Jangan enggan mengantar menunjukkan dan menolong orang yang punya urusan dengan sekolah. Itu saja. Dan pelanggan akan memberikan apresiasinya. Setelah itu loyalitas pelanggan akan ditangan dan kemajuan usaha/ sekolah tak terhindar lagi. Permintaan kenaikan gaji akan lebih mudah diakomodasi...semoga bermanfaat.

Rabu, 30 Januari 2013

TUGAS, TANGGUNGJAWAB DAN TATA TERTIB GURU



Beberapa hari yang lalu saya tengarai ada pembaca blog ini yang membutuhkan tata tertib guru. Sesuai dengan yang diharapakan pembaca blog ini, saat ini saya terbitkan contoh tugas , tanggungjawab dan tata tertib untuk guru. Ini hanya contoh tentunya bapak dan ibu guru atau kepala sekolah harsu membuatnya sendiri. Semoga bermanfaat.



  1. Tugas.

  1. Menyambut kedatangan siswa siswi ........... sesuai jadwal yang ditetapkan.
  2. Mempersiapkan siswa untuk menerima pelajaran pada hari hari belajar.
  3. Menyiapkan silabus, RPP, KKM, Prota, Prosem untuk semua pelajaran yang diampu.
  4. Memberi contoh cara berpakaian, berbicara dan bertingkah laku yang baik.
  5. Menanamkan nilai nilai moral dan sosial kepada iswa melalui pendidikan yang berkelanjutan.
  6. Mengawasi dan menjaga keselamatan siswa selama di sekolah dan di sekitar lingkungan sekolah.
  7. Memberi pelajaran sesuai dengan tugas, mata pelajaran dan waktu yang diberikan.
  8. Membantu kelancaran administrasi sekolah apabila diperlukan.
  9. Menjalankan kegiatan kegiatan sekolah baik yang sudah atau belum diprogramkan, sesuai instruksi kepala sekolah.
  10. Mengawasi dan mendidik kedisiplinan, ketertiban, dan tanggungjawab siswa terhadap diri sendiri dan lingkungannya.
  11. Memberikan evaluasi belajar siswa baik dalam bentuk tugas, tes formatif maupun test sumatif atau ujian yang bersifat nasional.
  12. Mengawas ujian atau menjadi panitia ujian.
  13. Memberikan penilaian terhadap pekerjaan siswa.
  14. Mengisi raport dan membuat legger bagi wali kelas.
  15. Mencatat siswa dalam buku induk sekolah, mengerjakan administrasi kelas dan kesiswaan.
  16. Membuat rincian kebutuhan kelas yang dilanjutkan ke kepala sekolah melalui bagian keuangan.
  17. Mengatur kelas sesuai dengan prinsip prinsip classroom management.
  18. Memperlakukan siswa sesuai dengan kaidah kaidah manajemen tingkah laku yang benar.
  19. Melakukan pembinaan terhadap siswa baik secara moral, spiritual maupun secra akademis.
  20. Membina hubungan baik dengan orang tua siswa terutama dalam hal yang berkaitan dengan kemajuan belajar siswa atas perintah atau sepengetahuan kepala sekolah.
  21. Memberi masukan pada kepala sekolah tentang semua hal yang terkait dengan kebaikan dan kermajuan sekolah.
  22. Menjaga citra dan nama baik sekolah serta menyebarluaskan kebaikan dan keunggulan sekolah.
  23. Mencatat perkembangan berat dan tinggi badan siswa (wali kelas)
  24. Mencatat kesalakan dan kenakalan siswa serta upaya penanganannya.(wali kelas dan BP)
  25. Memberikan remedial kepada siswa apabila diperlukan.
  26. Mengerjakan tugas tugas lain yang diamanatkan oleh sekolah.


  1. Tanggungjawab

  1. Memastikan keberlangsungan dan kelancaran proses pendidikan dan pengajaran pada matapelajaran yang dipercayakan oleh sekolah.
  2. Mengawasi dan menjaga ketertiban serta kedisiplinan siswa di Sekolah ........
  3. Bertanggungjawab atas tercapainya target target kurikulum.
  4. Menentukan dan memberi penilaian atas hasil kegiatan dan evaluasi terhadap kinerja siswa.
  5. Menjaga keutuhan fasilitas kelas dan sekolah dan aset tak bergerak lainnya.
  6. Menjaga keselamatan siswa yang dipercayakan pengawasannya oleh sekolah.
  7. Menyelesaikan semua tugas yang diberikan sekolah.
  8. Menjaga ketenangan dan keindahan ruang kelas pada khususnya dan sekolah pada umumnya.
  9. Menyelenggarakan administrasi kelas dan administrasi sekolah dengan baik.
  10. Menjaga kekayaan, aset bergerak milik sekolah, serta nama baik sekolah dengan  menjalankan amanah secara bertanggungjawab dan jujur.


  1. Tata tertib.

  1. Datang disekolah paling lambat pukul 06:50 WIB.
  2. Berpakaian rapi sesuai peraturan harian di Sekolah ..................
  3. Sudah berada di dalam ruang kelas 5 menit sebelum bel masuk dibunyikan. Untuk pergantian jam mata pelajaran harus dilakukan tepat waktu bell pergantian di bunyikan dan tidak membiarkan ruang kelas terlalu lama.
  4. Berbicara menggunakan bahasa yang halus dan sopan.
  5. Tebarkan salam, sapa dan senyum pada siapa saja yang berada dilingkungan sekolah.
  6. Saling hormat menghormati terhadap rekan sejawat, orang tua siswa, tamu lain dan mengasihi siswa siswi sekolah ......................
  7. Menjaga hubungan baik dengan pihak pihak terkait (stakeholders) lain.
  8. Semua keputusan tentang siswa dan masalah keuangan yang digagas guru harus sepengetahuan kepala sekolah.
  9. Pengajuan kebutuhan kelas harus diajukan paling lambat tgl 5 setiap bulannya.
  10. Segala jenis penggunaan uang sekolah dan atau penarikan uang dari pihak lain harus dikonsultasikan dan dilaporkan  kepada kepala sekolah.
  11. Izin tidak masuk atau izin meninggalkan sekolah untuk keperluan pribadi wajib mengisi Form yg sudah tersedia dan disetujui kepala sekolah. Bagi yang tidak sempat mengisi formulir, wajib menelpon kepala sekolah.
  12. Wajib menghindari pembicaraan tentang masalah keluarga dan kekayaan orang tua siswa baik pada sesama guru, karyawan, siswa atau pada orang tua siswa itu sendiri.
  13. Haram hukumnya mengharapkan pemberian, meminta sesuatu atau berhutang dari orangtua siswa baik dengan ungkapan langsung atau yang tidak langsung.
  14. Mengerjakan semua tugas sekolah tepat waktu.
  15. Memastikan kebersihan, keteraturan, kerapian ruang kelas serta memastikan sudah tidak ada lagi siswa dilingkungan sekolah sebelum meninggalkan sekolah.

Senin, 28 Januari 2013

HAL HAL YANG HARAM DILAKUKAN GURU DALAM KELAS (Bagian 2)



Baiklah kita lanjutkan lagi pembicaraan kita tentang hal hal yang tidak seharusnya dilakukan seorang guru didepan siswa siswinya. Hal hal yang akan saya sebutkan adalh mutlak untuk dihindari guru kalau sebagi guru anda berharap bisa mengembangkan suasana kelas yang aman dan nyaman serta kondusif untuk proses belajar mengajar. Hal haram berikutnya yg tidak boleh didekati oleh guru adalah:


n  Menunjukkan diri yang paling hebat.
Untuk meredam kenakalan siswa atau untuk mengambl hati siswa agar mudah diatur selama berlangsungnya proses belajar mengajar, tidaklah perlu sampai guru menyomongkan dirinya dengan menunjukan kehebatan dan prestasinya. Apalagi kalau prestasi yang dibangga bangakan itu diceritakn setiap hari. Selain nantinya guru tidak akan ngajar karena fokus pembicaraan bukan diarahkan ke pelajran tapi diarahkan ke pribadi sang guru beserta segala bualannya, cerita yang sama yg diulang ulang cuma akan menimbulkan ejekan pada sang guru dan menjadikan sang guru jd bahan candaan siswa. Dampaknya sdh bisa ditebak tdk akan ada respek yg bisa diterima oleh sang guru. Hal ini erlu saya samppaikan karena ada sekian banyak guru yang senengnya cerita ttg kehebatan diri, kehebatan anak anaknya, kehebatan cucunya atau bahakan cerita kesuksesan anggota keluaga besarnya. Sejauh pengamatan guru yang begini kurang disuka oleh siswa siswinya.
n  Menempatkan diri sebagai yang paling benar.
Hal yang dibenci siswa dari gurunya yang lain adalah sikap guru yang sok merasa paling jago, paling ngerti dan paling benar sendiri. Guru yang seperti ini akan cenderung membenarkan pendapatnya sendiri dan selalu menyalahkan apa yang disampaikan siswanya. Sikap yang demikian bisa menimbulkan rasa tidak hormat pada guru tersebut dari siswa siswinya karena mereka merasa tidak dihargai oleh sang guru yang sebetulnya diharapakan bisa menghargai mereka sebagi perwujudan rasa sayang guru pada siswanya. Harapan yang bertolka belakang ini akan menimbukan sikap yang mengecilkan dan tidak menghargai guru. Sebagai guru selayaknya kita menghargai apapun pendapat siswa dan memberi apresiasi agar semangat belajarnya tumbuh dan berkembang. Andai pendapat siswa kurang benar tidak seharusnya langsung dibilang “salah” begitu saja. Ada banyak cara agar siswa lebih mengerti persoalannya selain menempatkan pada posisi “orang bodoh”. Lagi pula jaman ini guru bukanlah satu satunya sumber belajar lagi, ada banyak sumber disekitar kita yang memeungkinkan siswa dapat informasi yang bukan dari gurunya. Sehingga akalau ada perbedaan pendapat anatar siswa dan guru ada baiknya guru mencari tahu dulu, siapa tahu siswanya yang benar dan gurunya yang ketinggalan informasi. Sehingga merasa yang paling benar dan paling pintar tidak lagi menjadi sifat bagi kita sebagi guru.
n  Main kayu
Hal lain yang tabu dilakukan guru dalam menenangkan dan mengatur siswanya adalah main kayu atau menggunakan kekerasan fisik terhadap siswa siswinya. Jelas tugas guru itu mendidik dan mengajar siswa bukan menebar sakit hati, dan dendam. Penanganan siswa dengan kekerasan fisik pada siswa tidak akan bisa mengarahkan siswa pada disiplin dan rasa tanggungjawab, justru sebaliknya kekerasan yang dilakukan guru terhadap siswa akan membuat siswa merasa dipermalukan didepan teman temannya. Sebagai akibatanya siswa akan menyimpan dendam pada sang guru dan tentu rasa dendam ini akan memepengaruhi semangat dan motivasi belajar siswa. Bagaimana kita bisa berhrap menciptakan SDM unggul di sekolah kalau  siswa yang ada dipenuhi rasa dendam dalam hatinya? Lagi pula keadaran hukum dan kesadaran akan pendidikan yang baik telah mewabah dikalang orang tua, sehingga kekerasan fisik bisa diartikan bahwa pendidikan di sekolah itu kurang bagus dan kurang bermutu. Bahkankan kekerasan fisik bisa berbuntut jadi ersoalan hukum untuk jaman sekarang. Jangan disamakan dengan jaman tahun 60-70an dimana guru boleh seenak udelenya nempelng siswanya.
n  Melebarkan permasalahan ke tempat lain.
Adakalanya dalam menangani kasus siswa secara tidak sengaja menunjuk siswa yang lain lagi untuk kesalahan yang sama atau mnunjuk siswa lain sebagi sama sama siswa yang badung dengan kasus lain yang sudah lalu. Tindakan ini tidak bijaksana karena guru akan memperluas permasalahan dengan mengundang konflik dengan orang oarang yang tidak perlu.  Ada baiknya bila ada ksus pada salah satu siswa, guru berkonsentrasi untuk menyelesaikan kasus itu dan terfokus pada siswa yang bersangkutan. Tidak perlu kiranya guru memeprluas permasalahn dengan menunjuk kesalaha siswaa yang lain lagi yang ada disekitar situ. Jadi kalimat seperti ‘kamu tuh sama saja bandelnya dengan dia” semesti jangan samapi dikeluarkan.
n  Tidak sesuai antara ucapan dan tindakan.
Ucapan seorang guru haruslah bersifat “sabda pandita ratu tan kena wola wali”, tetap dan mengikat baik pada siswa maupun pada guru itu sendiri. Jangan sampai ucappan guru tidak sesuai dengan tindakannya. Kalau seorang guru mengatakan bahwa membuang sampah harus pada tempatnya kepada siswa siswinya, mka guru tersebut kalau buang sampah tidak boleh sembarangan dan harus pada tempatnya. Kalau siswa disuruh menghormati orang berbicara dengan cara mendengarkan dengan baik, sudah seharusnya kalau siswa berbicara guru juga harus mau mendengarkan siswanya sampai selesai bicara. Jangan sampai guru membuat standard ganda, kalau siswa harus begini begitu, sedang akalu guru boleh suka suka sendiri. Kalau ini terjadi siswa akan kehilangan rasa percaya pada gurunya.
n  Tidak konsisten dalam menangani kasus siswa.
Di dunia ini disebelah manapun, orang sangat menghargai konsistensi, konsistensi itu menunjukkan jati diri dan pendirian yang kuat. Kekonsistenan juga memudahkan orang bersikap padanya, itulah kenapa orang senang dgn orang yang konsisten. Berkaitan dengan sikap konsisten yang dipunya guru, murid akan mengapresiasi tinggi karena sikap konsisten guru menyiratkan keadilan, dan ketidakberpihakkan. Guru harus memastikan bahwa pelanggaran yang sama akan mendapatkan konsekwensi yang sama, perbuatan baik yang sama akan mendapatkan imbalan yang sama. Kalau seorang guru bisa menjaga konsistensinya itu, dia ga akan pernah diprotes siswanya.
n  Menggoda siswanya.
Sempat beberapa kali melihat guru laki yang masih lajang menggoda siswinya. Menurut penglihatan saya sang guru memang tertarik secara seksual atau jatuh cinta pada siswanya. Hal ini sangat haram dilakukan. Karena wajah orang jatuh cinta atau tertarik secar seksusal dgn lawan jenisnya itu sangat kelihatan. Kalau ada guru yang seperti ini tentu akan jd bahan tertawaan siswa siswanya.Apalagi kalau cintanya tidak ditanggapi oleh siswanya,  guru akan menanggung beban psikis yang berat karena suka disindir siswanya, sementara cintanyapun tak berhasil. Ruang kelas akan jadi ruang siksaan bagi si guru dan tempat kurang ajar bagi siswa. Hati hati.
n  Menyentuh siswi / murid perempuan.
Dalam ajaran islam menyentuh lawan jenis yang bukan muhrim (keluarga) itu haram hukumnya. Namun selalu ada saja guru laki yang suka main pegang, main peluk siswanya. Hal ini sangat berbahaya karena perbuatan guru ini akan menurunkan wibawa guru. Siswa tidak akan menaruh hormat padanya malah cenderung menjauh. Furu yang seerti ini tentu sudah susah untuk dihrapkan bisa mengatur siswa untuk tidak berisisik dan fokus dalam belajar. Selain itu kalau sampai disalah mengerti dan dilaporkan sebagai pelecehan seksual akan jadi masalah yang lain lagi.
n  Membandingkan siswa satu dengan siswa yang lainnya.
Walau sessulit apa mengatur tingkah laku siswa, janganlah pernah seorang guru membandingkan si siswa “nakal” dengan temannya yang mudah diatur. Karena dalam membandingkan bisa saja guru terlepas kata yang menyakitkan hati si siswa “nakal’. Kalau proses pembandingan ini berlangsung lama dan terus menerus, siswa ‘nakal” ini bukan saja akan membenci gurunya karena merasa selalu diremehkan , dikecilkan dan dihinakan, tapi si siswa ‘nakal” ini bisa timbul dendam pada siswa baik yang selalu dipakai sebagai perbandingan. Dengan membandingkan siswa, tak sengaja guru bisa mencarikan musuh bagi siswanya yang sudah sesuai aturan yg diharapkan gurunya tersebut.  

OK lah bapak Ibu guru diamanapun anda berada sekian yang bisa saya sampaikan. Saya berkeyakinan kalau bapak ibu guru mampu mnghindari hal hal yang saya jelaskan di dua artikel saya terakhir ini. Insyaallah, bapak dan ibu guru akan jad guru yang dihormati siswanya dan akan mudah mengatur mereka sehingga terciptalah suasana yang aman, dan nyaman di kelas bapak dan ibu semua, yang kondusif untuk jadi tempat belajar bagi siswa siswi ibu dan bapak guru semua. Semoga bermanfaat.

HAL HAL YANG HARAM DILAKUKAN GURU DALAM KELAS (Bagian 1)




Tak bisa dipungkiri kalau ketenangan dan kenyamanan belajar siswa di dalam kelas adalah syarat mutlak yang harus ada bila kita menginginkan kesuksesan dan tercapainya tujuan penangajaran dan pembelajaran di kelas kelas kita. Oleh karena itu penciptaan kondisi aman dan nyaman dalam kelas adalah sebuah kwajiban yg mutlak juga melekat pada diri setiap guru.
Kwajiban ini tidaklah mudah, karena memang adakalanya kita masuk ke sebuah kelas yang sama sekali belum teratur dengan baik sehingga kekacauan masih mewarnai setiap detik dari keberadaaan kita dikelas tersebut. Namun seberat apapun kondisi ketidakteraturan kelas yang kita masuki, hendaklah tidak membuat guru kalut dan ambil langkah yang tidak tepat untuk mengendalikan kelas. Kesalahan tingkah ataupun tindakan kita dalam mengatur kelas akan memepersulit kita sendiri dalam mengendalikan kelas tersebut dibelakaang hari.
Di dalam tulisan  saya kali ini, saya bermaksud sedikit mengingatkan hal hal yang tidak boleh guru lakukan dikelas dalam mengatur kedisiplinan dan ketenangan kelas. Sekali hal hal “haram” ini ibu dan bapak guru lakukan di kelas, maka bappak dan ibu guru jangan terlalu berharap akan memiliki sebuah lingkungan belajar yang aman dan nyaman baik untuk belajar maupun untuk mengajar sampai bapak dan ibu benar benar kehilangan otoritas untuk mengajar di kelas tersebut.
Inilah hal hal yang harus dihindari oleh guru tersebut;

n  Meninggikan suara agar bisa didengar seluruh siswa yang sedang ribut.
Usaha ini dilatar belakangi pemikiran keliru sang guru yang beraanggapan bahwa kalau suara dia lebih kencang dan lebih keras dari seluruh siswa yang sedang berisik maka seluruh siswa akan mendengarkan dan bisa dikendalikan. Pemikiran ini sanagt sangat sesat, justru sebaliknya siswa tidak akan mendengarkan guru yang bersuara tinggi. Suara tinggi guru akan ditanggapi siswa bukan sebagai peringatan bahwa mereka telah melanggar keteraturan dalam kelas, tapi malah dinggap sebagaai legalitas dari gurunya untuk melanjutkan kebisingan yang mereka ciptakan, karena toh terbukti gurunya juga ikut berisik. Jadi jangan berharap terlalu banyak bila anda sebagai guru sudah ikutan membuat kegaduhan yang lebih keras dibanding kegaduhan yang dibuat oleh siswa anda sendiri.
Yang terbaik bagi guru adalaah meredakaan suara siswanya dengan cara lain terlebih dahulu, setelah siswa siswinya diam dan fokus perhatiannya barulah gurunya berbicara, memeberi nasihata ataaupun melanjutkan pengajarannya.
n  Bereriak dan membentak siswa.
Dalam menangani kasus kenakalan siswa, guru sudah seharusnya mengendalikan emosinya.  Jangan sampai guru mengeluarkan bentakan dan teriakan pada salah seorang atau sekelompok siswa di dalam kelas yang anda semua ajar. Memang betul sebuah teriakan/akan yang lantang akan mampu mengejutkan dan mendiamkan siswa. Namun ongkos yang harus dibayar bisa terlalu mahal. Karena bentakan emosional itu bukan saja akan membekas dihati siswa tapi juga akan meninggalkan luka dihati guru itu sendiri. Siswa yang dibentak secara naluriah akan merasa terancam dan secara instingtif juga akan berusaha membela diri. Dengan demikian diamnya siswa ukan diam karena sadar akan kesalahannya tapi diam karena menunggu tindakan guru selanjutnya itu apa. Diamnya sisw disertai naluri untuk menyerang balik. Walau memang tidak ada lanjutan tindakan guru tapi kesiap siagaan siswa akan bahaya yg secar instingtif muncul tersebut akan meninggalkan rasa waspada dan mencoba akan menjauhi dan membenci sumberbahaya itu. Dan sayangnya yang harus dibenci siswa itu adalh gurunya. Bagi guru sendiri, teriakan emosional yg dilakukan terhadap muridnya juga akan menutup kemungkinan kemungkinan membuat hubungan yang baik dengan siswanya. Bentakan  adalah bentuk upaya penyerangan secara psikologis, dan itu pada akhirnya akan disadari oleh sang guru. Kesadaran telah menyerang atau membuka front “perang” dengan siswanya akan membuat guru kehilangan kesempatan untuk menjalain hubungan yg baik dengan siswanya setidaknya untuk hari itu. Kalau dua kubu telah ada perasaan tidak enak seperti ini bentuk pengajaran seperti apa yang bisa diharapakan terjadi di kelas itu?
n  Mengatakan “saya yang berkuasa di kelas ini”
Pengalaman pribadi penulis, dulu sewaktu masih SMA, saya punya guru Bahasa Inggris yang mencoba menunjukan otorotas dia sebagai guru dengan mengatakan, Saya nggak suka kamu mengganggu saya menhajar di kelas ini. Sekarang kamu yang keluar atau saya yang akan keluar dari kelas ini?”. Sontak penulis berdiri dan keluar kelas sambil membanting pintu kelas.  Semenjak itu hubungan saya dengan guru itu sangat buruk. Saya tidak suka dengan guru tersebut dan pelajaran yang diajarkan sehingag prestasi saya jeblok. Sebaliknya guru tersebut selalu salah tingkah kalau lagi ngajar di kelas saya, saya bersikap seenak saya, cuek, dan tidak pernah menganggap kalau sedang ada guru yang sedang mengajar. Bahkan ada kecenderungan saya memancing lagi kemarahan guru tersebut. Kondisi ini sungguh tidak membuat guru saya itu merasa nyaman, terbukti dia sering tidak masuk ngajar di kelas saya.  Sering sekali Cuma kasih buku suruh catat. Kalau guru itu lewat dan saya pura pura batuk , hremm hremmm, guru itu sama sekali tdk berani menoleh. Dia terteror  selama tiga tahun selama keberadaan saya di SMA itu, krn guru itu melakukan kesalahan di awal saya sekolah disana. Anda ingin merasakan suasana yang sama?
n  Berdebat dengan siswa.
Adakalanya krn kesalahan pendekatan dan kesalahan intonasi dari ucapan guru, siswa yang dinasehati bukannya sadar tapi malah membantah atau cari cari alasan. Guru yang kurang wawasan akan terpancing untuk berdebat dengan siswa tersebut sampai siswa tidak bisa berucap apa apa lagi. Hal ini sangat buruk untuk dilakuakn seorang guru karena perdebatan itu akan menurunkan minat belajar seluruh siswa dikelas tersebut dan juga membuat kikuk guru untuk malnjutkan mengajar. Jagalah hati sendiri dan jagalah hati siswa anda dengan tidak mendebat siswa. Tunjukkan kesalahannya dan jalankan konsekwensi seperti prosedur dan aturan kelas yang berlaku. Jangan pedulikan kalau siswa mengajak berebat anda.
n  Sok berwibawa dengan muka yang diserem seremin atau dengan gerakan tubuh kaku patah patah agar kelihatan hebat dan wibawa.
Satu kalimat saja untuk ini. Sikap dan gerak tubuh anda yg ingin sok wibawa ini Cuma akan jadi bahan candaan siswa baik anda ada di dalam kelas ataupun anda tidak di dalam kelas.  Anda sendiri bapak dan ibu guru yang akan menentukan masih akan berbuat begitu atau tidak di masa yang akan datang.
n  Menghina dan merendahkan siswa.
Usaha membuat diam siswa dengan merendahkan atau menghina siswa adalah usaha yang sangat salah. Hinaan seorang guru bagi siswanya itu lebih menyakitkan dari hinaan yang lain, karena siswa banyak berharap gurunya menyayangi dia bagai orangtua kedua. Harapan yang lebih terhadap guru inilah yang membuat hinaan , cacian dan makian guru terasa lebih menusuk dan melukai siswa. Apalagi kalau hinaan guru ini (walau diucap sambil becanda) diikuti oleh tawa temen teman sekelasnya. Anda sebagaai guru pasti tidak akan membayangkan balasan apa yang akan dilancarkan siswa yang anda hina. Jadi sebaiknya hal seerti ini jangan dilakukan. Dulu temen saya ada yang bergumam “ ntar lewat mana tuh guru?’. Ucapan lirih teman saya yang bisa didengar guru dan siswa sekelas itu, sempat membuat guru tergagap dan sulit berucap.
n  Sinis
Ucapan sinis menunjukkan betapa anda sebagai guru tidak menghargai dan menghormati siswa anda. Sperti hukum dimanapun, anda hanya akan mendapatkan apa yang anda beli. Kalau anda tidak menghormati siswa anda,  bagaimana anda bisa berharap mendapatkan penghormatan dari siswa. Ingat peptah yang mengatakan “siapa yang menanm dia yang mengetam” tanamlah kebaaikan dan anda akan panen kebaikan.
n  Memberi cap siswa.
Memberikan “cap” negatif pada siswa seperti mencapa siswa sebagai siswa yang nakal, bodoh, atau tukang ribut adalah tindakan yang kurang tepat. Siswa yang diberi cap, kalau dia dari golongan yang introvert, siswa tersebut akan meyakini kalau dirinya bodoh dan tidak berguna, ini akan membuat siswa makin kehilangan percaya diri, kehilangan semangat belajar, dan menambah beban penderitaan bathin siswa karena merasa bahwa dia terlahirkan dengan kondisi yang buruk dan tak punya masa depan. Percayalah tidak akan ada guru yang bisa membuat siswa seperti ini pintar. Bukan itukan tentunya tujuan bapak dan ibu guru berada di dalam kelas? Bagi siswa yang ektrovert dan pencari perhatian, mereka akan senang dengan cap itu karena mereka merasa ada yang memperhatikan. Mereka akan sebisa mungkin capa itu tiddak lepas dari dirinya. Mereka akan sangat bangga ketika ada orang cerita tentang kenakalannya dan keberaniannya terhadap guru di kelas. Memberi cap pad siswa Cuma akan membuat guru mati gaya.
Wahhh dah ngantuk, saya cukupkan disini dulu yah...nanti insyaallah akan saya tulis kelanjutannya............

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...