Senin, 11 September 2023

Ruang Kelas Abad 21 Wajib Mendorong Pengembangan Kemampuan Komunikasi Siswa

 

Manusia adalah makhluk sosial, yang tidak akan bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan kehadiran orang lain untuk hidup bersama. Ada kebutuhan berinteraksi, bekerja sama, saling membantu, saling mengandalkan antara sesama manusia. Inilah kenapa kebutuhan komunikasi termasuk kebutuhan yang mendasar bagi manusia. Seperti yang kita ketahui segala jenis interaksi dan kerja sama antar manusia semua membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Mengingat sedemikian pentingnya komunikasi bagi kehidupan manusia, rasanya tidaklah salah kalau kita menekankan pentingnya ruang kelas sebagai tempat pengembangan kemampuan komunikasi siswa yang belajar di dalamnya. Apa lagi buat siswa kita yang akan mengarungi kehidupan di mana teknologi informasi dan komunikasi menjadi peralatan yang mendasari kehidupan masyarakat manusia.

Komunikasi sangatlah penting bagi masyarakat manusia untuk menyampaikan pesan dan informasi, untuk saling mempengaruhi, untuk menggerakkan orang lain, dan untuk mengubah persepsi orang lain. Itu semua adalah kemampuan penting bagi siswa kita ketika mereka harus mulai terjun hidup di tengah masyarakat. Oleh karena itu hukumnya adalah wajib bagi guru di ruang kelas abad 21 untuk memastikan ada upaya pengembangan kemampuan komunikasi itu di ruang kelas.

Ada banyak jenis komunikasi, dari komunikasi intra personal, inter personal, kelompok, organisasi dan komunikasi massa, namun di ruang kelas sebagai dasar ketrampilan, guru wajib memastikan semua siswanya berkembang kemampuan komunikasi lisan dan tulisannya. Oleh karena itu seorang guru di ruang kelas abad 21, harus menyiapkan strategi pengajaran dan pembelajaran yang memberi kesempatan bagi semua siswanya untuk berlatih mengekspresikan gagasan, pikiran, ide ide juga perasaannya baik secara lisan maupun secara tulisan, karena inilah dasar pengembangan kemampuan komunikasi mereka. Ingat, kemampuan komunikasi yang efektif akan membantu siswa siswa kita untuk mampu mengekspresikan pikiran, perasaan dan ide yang muncul spontan dengan baik dan bisa dipahami orang lain dengan baik dan terhindar dari kesalahpahaman. Kemampuan komunikasi yang efektif seperti ini tentu akan jadi modal besar bagi mereka untuk mengejar kehidupan dan karier mereka di masa depan.  

Sabtu, 09 September 2023

Salah Satu Ciri Ruang Kelas Abad 21 Mampu Mengembangkan Kreativitas

 

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya di awal abad 21 ini ditandai dengan munculnya revolusi industri 0.4 dan yang tak terlalu lama kemudian revolusi industri 0.5 pun datang menyusul. Anak anak didik kita ini adalah mereka yang akan berjibaku hidup menghadapi era 0.5 ini. Era di mana perekonomian akan tertumpu pada kecanggihan AI dan kreativitas manusia. Jadi sudah sewajarnya kalau siswa siswa di sekolah berhak mendapatkan pengembangan kreativitas mereka. Karena hidup mereka nanti akan sepenuhnya bergantung pada keuletan dan kreativitas mereka.

Oleh karena itu tidaklah berlebihan bila, ruang kelas abad 21 haruslah ruang kelas yang mengarahkan, menuntun dan menumbuhkan kreativitas siswanya. Sekolah unggulan akan berarti sekolah yang mampu menghasilkan lulusan lulusan yang kreatif. Pendidikan abad ke-21 harus merupakan pendidikan memberi kesempatan siswa untuk melenturkan urat urat saraf kreativitas di otak mereka. Akal dan pikiran siswa dikembangkan ke arah pemahaman atas permasalahan yang mereka hadapi dan kemampuan mencarikan solusinya. Mereka harus segera dicabut keluar dari ruang ruang kelas tradisional mereka yang mengharuskan menghafal dan memahami. Guru harus segera tersadar bahwa menghafal dan memahami adalah bagian dari lower level thinking skills, yang sudah tidak banyak membantu siswa menghadapi masa depan. Kini saatnya siswa diarahkan pada higher level thinking skills agar siswa mampu menganalisis dan mencipta. Satu kata yang perlu diingat di dalam ruang kelas, KREATIF.

Saat sudah sampai waktunya siswa berupaya menemukan solusi baru terhadap masalah masalah keseharian mereka, atau sudah saatnya bagi mereka untuk menemukan cara baru yang berbeda untuk menjelaskan kejadian dan peristiwa keseharian mereka, dan siswa bisa terus-menerus di dorong untuk menemukan pendekatan pendekatan baru bagi masalah mereka itu. Agar tumbuh jiwa jiwa kreatif yang siap menyongsong masa depan.

Apa pun bentuk dan atmosfer dari babak kehidupan yang menunggu siswa kita di depan sana, kreativitas adalah ketrampilan dan senjata penting agar generasi muda mampu berpikir lintas disiplin ilmu dan pengetahuan untuk menaklukkan tantangan jamannya. Faktanya, banyak ahli pendidikan yang percaya bahwa 78% profesional lulusan perguruan tinggi memerlukan kreativitas untuk peningkatan karier mereka.

 

 

Jumat, 08 September 2023

Belajar Memecahkan Permasalahan Dan Bekerja Sama Dalam Tim Sebagai Ciri Ruang Kelas Abad 21



Sebelumnya kita sudah kita bicarakan bahwa pengajaran di abad 21 tak bisa lagi dengan penekanan pada penguasaan materi ajar. Pendidikan dengan penekanan pada transfer ilmu pengetahuan dan teknologi sudah tidak relevan lagi, karena perubahan peradaban dunia yang begitu cepat sehingga informasi yang ada saat ini tidak akan lagi berguna bagi siswa kita di saat menghadapi jamannya di masa yang akan datang. Sungguh kita sangat memerlukan cara baru untuk memberi pendidikan dan mempersiapkan siswa siswa kita agar bisa bertahan hidup di masa mendatang.

Pembelajaran yang terpusat pada siswa sudah saatnya dibawa ke dalam praktek, bukan lagi jadi wacana diskusi seperti 20-30 tahun yang lalu. Di abad ini keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat penting karena siswa harus menginternalisasi karakter karakter dan ketrampilan hidup yang mereka akan butuhkan di masa depan. Hanya dengan sekedar mendengar ceramah siswa tidak akan berubah karakternya dan tak akan bertambah keterampilannya. Oleh karena itu wajib bagi guru di ruang kelas abad 21 untuk merancang sebuah strategi pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa agar mereka bisa belajar mengembangkan diri, mengembangkan karakternya dan mengembangkan ketrampilan hidupnya.

Salah satu ketrampilan hidup yang wajib dikuasai siswa di masa depan adalah kemampuan untuk memecahkan masalah. Hidup adalah masalah, kalau kita ingin bisa bertahan hidup ya harus tahu cara memecahkan masalah. Itulah kenapa pemecahan masalah jadi prioritas bagi guru untuk mengajarkannya ke semua siswanya. Siswa siswa kita harus diajarkan bagaimana cara menghadapi dan memecahkan masalah yang mereka jumpai.  Ketrampilan ini sangat penting bagi mereka di masa depan. Pemberian tugas atau pemberian proyek yang memicu kemampuan siswa belajar problem-solving perlu dikembangkan di sekolah sekolah kita. Siswa harus diberi kesempatan yang baik dalam sebuah proyek bersama untuk belajar bekerja secara efektif sebagai tim untuk memecahkan masalah bersama secara kolaboratif. Artinya pembelajaran terhadap siswa tidak cukup sampai siswa mampu memecahkan masalahnya sendiri, akan tetapi siswa harus diarahkan untuk bisa memecahkan masalah dalam bentuk kerja sama tim.

Di masa depan nampaknya kemampuan kita dalam kerja sama tim sangat diperlukan, karena manusia di sepanjang sejarahnya tak pernah bisa hidup sendiri. Mereka akan selalu hidup dengan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Itu terbukti dengan fakta yang bisa kita rasakan sendiri bahwa manusia bisa bekerja lebih lama dan bekerja lebih keras kalau pekerjaan itu dilakukan bareng bareng, bekerja sama. Ingat orang orang di desa dan di perkampungan perkotaan, selalu memilih kerja bakti, gotong royong atau gugur gunung untuk mengerjakan pekerjaan bersama menuntaskan masalah kampung atau desanya. Mereka tidak membagi pekerjaan tapi mereka bekerja sama. Alasannya adalah bahwa dengan kerja sama kita bisa bekerja lebih giat lebih kuat dan lebih lama.

Dengan demikian pengajaran abad ke-21 wajib menekankan pada pembentukan ketrampilan memecahkan masalah dan kemampuan bekerja sama. Pembelajaran dalam bentuk proyek berbasis tim di mana semua siswa di dalam kelompok belajar memanfaatkan kekuatan masing-masing individu untuk memecahkan masalah bersama. Mereka belajar mempergunakan kemampuan masing masing individu untuk memecahkan masalah mereka di dalam kerangka sebuah tim yang terstruktur dan terpimpin.  Dengan pembelajaran melalui proyek jenis ini, kita berharap para siswa mampu memaparkan siswa pada ide-ide dan gagasannya sehingga akan banyak tercipta ide ide baru di antara mereka. Mereka mampu menumbuhkan dan mengembangkan serta sekaligus menunjukkan kekuatan pikiran kolektif mereka, untuk bekal menghadapi masa depan mereka.

 

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...