Tak bisa disangkal lagi, pembentukan dan pengembangan masa depan mayoritas dari anak anak kita itu berada terjadi di dalam ruang kelas. Di ruang kelas sekolah itulah anak anak kita menganyam helai helai masa depannya dengan belajar berbagai macam ketrampilan hidup, mulai dari belajar ilmu pengetahuan, belajar cara hidup bersama, belajar percaya diri, belajar mengendalikan emosi, belajar bertoleransi dengan berbagai macam keadaan dan manusia, belajar manajemen waktu, belajar mengatur orang lain, belajar adab, tingkah laku dan tata krama, belajar kepemimpinan dan vokasi , bahkan belajar membuat keputusan bisnis pun bisa terjadi di ruang kelas. Dengan begitu jelaslah bagi kita kalau peran ruang kelas bagi anak anak kita itu sangatlah sentral dan penting. Fakta ini sudah selayaknya menyeret perhatian kita, baik sebagai orangtua, guru, kepala sekolah maupun pihak terkait lain untuk selalu memperhatikan dan menjaga kondisi kelas tetap dalam kondisi yang baik untuk tempat belajar mengajar. Menjadikan ruang kelas selalu dalam kondisi aman dan nyaman bagi siswa untuk mengembangkan intelektualitas dan dirinya adalah hal yang harus menjadi prioritas dan tak boleh dilupakan oleh para guru yang mengajar di ruang ruang kelas sekolah sekolah kita.
Penyakit utama yang merusak
kondisi ideal sebuah ruang kelas untuk belajar adalah ketidakdisiplinan, baik ketidakdisiplinan
yang dilakukan oleh siswa maupun yang dilakukan oleh gurunya sendiri. Guru yang
baik pasti akan mengusahakan kedisiplinan terjadi terlebih dahulu di ruang
kelas, sebelum memastikan siswa siswanya memulai belajarnya. Bukan saja
kedisiplinan akan memastikankelancaran dan keberhasian proses pendidikan, juga
kedisiplinan itu sendiri adalah pelajaran yang pertama tama harus dipahami oleh siswa sebelum siswa
belajar dan mengembangkan ketrampilan ataupun pengetahuan lain di ruang
kelasnya. Di sinilah letak arti pentingnya sekolah untuk selalu mengevaluasi
pelaksanaan disiplin dan manajemen ruang kelas yang dilakukan oleh para guru di
ruang kelas masing masing, karena proses dinamis pembelajaran yang berada di
dalam ruang ruang kelas itulah yang nantinya akan menjadi penentu keberhasilan
belajar dan kejayaan masa depan siswa siswanya.
Ruang kelas dengan tingkat
disiplin yang tinggi dan manajemen ruang kelas yang baik akan memastikan semua
siswa dalam kondisi on-task selama di dalam kelas. Kondisi siswa yang selalu
on-task menunjukkan kesiapan siswa untuk menyerap pelajaran dan sekaligus
gambaran profesionalisme guru pengajarnya. Paduan siswa yang siap belajar dan
guru yang profesional dalam tugasnya pada akhirnya akan menjamin lancar dan
suksesnya proses belajar mengajar.
Untuk mencapai kondisi ideal ini
seorang guru dituntut untuk memastikan
adanya lingkungan ruang kelas yang tertata dengan baik, disiplin yang tinggi
dengan menerapkan manajemen tingkah laku dengan benar, dan manajemen ruang kelas
yang handal. Hanya dengan memastikan
ketiga hal itu seorang guru bisa menguasai kelas dengan sempurna sehingga siswa
siswinya benar benar bisa mengalami proses belajar mengajar yang efektif dalam
kedisiplinan. Selain itu hal baik yang bisa didapat dari upaya pendisiplinan
siswa dengan manajemen yang baik adalah hubungan antara guru dan siswa yang akan
terjaga baik, serta dimungkinkanya terjalin kerja sama yang baik antar siswa
dalam proses peningkatan kualitas dan kecakapan mereka masing masing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini / Would you please leave a comment or a critique for the sake of my future writing improvements?