Kamis, 20 April 2023

Apa Yang Diperlukan Dalam Rangka Manajemen Ruang Kelas?

 

 


Untuk saat ini istilah manajemen kelas bukanlah istilah yang asing lagi di telinga guru guru kita, walau pengertian yang tertanam dibenak guru kita masih saling berbeda. Setiap orang akan punya definisi yang berbeda tentang classroom management ini sesuai dengan tingkat pemahaman dan literasi dari masing masing orang. Penulis sendiri dengan mengacu pada banyak definisi yang berbeda menyimpulkan bahwa yang disebut sebagai manajemen ruang kelas adalah serangkaian usaha yang dilakukan seorang guru untuk menciptakan dan mengendalikan kondisi ruang kelas dan lingkungannya menjadi tempat yang  terorganisir dengan baik dan tepat sehingga mampu mencipta sebuah atmosfir belajar mengajar yang kondusif, nyaman dan aman bagi semua siswa yang memiliki bermacam macam karakteristik yang berbeda.

Nah untuk mencapai manajemen ruang kelas yang baik, apa yang harus dilakukan oleh seorang guru? Untuk mencapai kondisi ruang kelas yang ideal untuk belajar ada banyak hal yang harus diperhatikan, namun pada prinsipnya manajemn kelas hanya memiliki tiga unsure pokok yang harus diperhatikan dan dikembangkan.

 

  1. Seni menagajar yang di dalamnya terdiri dari metode pengajaran, pendekatan pengajaran, manajemen tingkah laku, dan kebutuhan kebutuhan khusus dalam rangka pengajaran.

Untuk menggapai manajemen ruang kelas yang baik, guru memang dituntut untuk banyak belajar, banyak membaca, banyak bertanya tentang best practices dalam pembelajaran, juga harus meningkatkan kreatifitas dalam kegiatan belajar mengajar dengan memperaktekan berbagai macam methode dan pendekatan pembelajaran, selain memahami dengan baik pskologipendidikan dan manajemen tngkah laku siswa. Semua hal ini wajib guru dapatkan dengan cara banyak belajar tentunya.

 

  1. Pengorganisasian kelas,

Sebuah ruang kelas dengan siswa di dalamnya dan seorang guru sebagai managernya adalah sebuah organisasi. Sebagai sebuah organisasi wajiblah punya aturan yang jelas agar ruang kelas benar benar bisa tertata dengan baik. Itu artinya eorang guru yang baik, akan mensiapkan peraturan untuk kelasnya, selain akan berusaha membentuk rutinitas yang terukur, teratur dan terkendali. Bagan organisasi kelaspun wajib diadakan dengan personil dan tugas yang jelas agar bisa membantu dalam pengendalian ruang kelas. Dalam mengorganisir kelas diperlukan juga kemampuan dan kreatifitas guru dalam pengaturan dan penempatan semua fasilitas dan inventaris kelas di tempat tempat yang tepat sehingga fasilitas itu mudah dijangkau semua siswa dan tidak juga menggangu gerak siswamaupun gerak guru itu sendiri di dalam ruang kelas itu.

 

  1. Kerja sama antar guru dan orang tua.

Yang tak boleh dilupakan, guru yang mengajar di suatu kelas tak akan bisa sendiri mengatur kelasnya. Guru itu akan memerlukan bantuan dari kolega sesama guru, kepala sekolah, civitas akademika lain di sekolah, bahkan perlu juga keterlibatan orang tua siswa untuk mengatur ruang kelasnya dengan baik. Sesama kolega guru diperlukan untuk ikut berperan serta apabila ada siswa yang butuh penanganan khusus. Guru tugasnya mengajar, apabila ada siswa yang perlu penanganan khusus maka akan menjadi tugas guru lain atau civitas akademika lain untuk bisa membantu siswa yang bersangkutan. Kepala sekolah berperan dalam regulasi kelas dan penyiapan sarana dan prasarana. Sedangkan kerja sama dengan orang tua siswa diperlukan apabila ada siswa yang perlu perhatian khusus 24 jam sehari, atau yang punya akar permasalahan dari ketidak-disiplinannya itu bukan di sekolah tapi di rumah atau di lingkungan pergaulan siswa itu sendiri di luar sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini / Would you please leave a comment or a critique for the sake of my future writing improvements?

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...