Jumat, 28 Juli 2023

Apabila Mendadak Berada Pada Kondisi Gagal Menghubungkan Minat Belajar Siswa dengan Materi Ajar.

 



Mengajar memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Guru harus bisa memilih metode, pendekatan dan strategi pengajaran yang tepat bagi setiap materi ajarnya. Tidak semua materi ajar cocok dengan metode yang sama. Itulah kenapa guru sering mendapati dirinya kesulitan dalam membuat siswanya memahami apa yang diajarkan dan bahkan kesulitan membuat siswa siswanya tetap fokus dengan belajarnya.

Apa yang bisa dilakukan seorang guru yang tak diduga tiba tiba berada pada kondisi gagal mengkomunikasikan materi ajarnya dengan siswa yang harus belajar, dan siswanya mulai tampak  bosan di dalam ruang kelas? Pertama yang perlu dilakukan guru adalah menghentikan proses pengajarannya untuk sementara sambil bertanya apakah siswanya mengerti. Setelah itu rubahlah metode dan strategi mengajarnya sambil mengatakan “ya baik, saya akan ulang penjelasan saya”. Tapi tetap perlu diingat bukan mengulang penjelasan yang diperlukan, tapi metode, pendekatan ataupun strategi pengajarannya yang perlu diubah. Itulah kenapa seorang guru wajib memiliki berbagai macam metode pengajaran, pendekatan pengajaran ataupun strategi pengajaran, karena kalau menemukan kebuntuan pada salah satu metode , pendekatan maupun strategi pengejarannya, guru bisa langsung mengubahnya pada saat itu juga.

Untuk bisa memilih dan mengubah metode, ataupun strategi pengajaran dengan tepat, guru bisa mengingat dan memikirkan bagaimana cara belajar terbaik siswa siswa itu di masa lalu yang pernah guru ketahui. Juga metode pengajaran semacam apa yang pernah guru gunakan dan dulu pernah berhasil. Guru harus mencari referensi ke masa lalu ketika dia berhasil dengan baik dalam mengajarkan materi itu dan pikirkan mengapa waktu itu bisa berhasil. Setelah itu terapkan metode, ataupun strategi yang sama di dalam proses pembelajaran yang sekarang dengan sedikit modifikasi bila dirasa perlu. Selain itu guru bisa sambil mengatur ruang kelas disesuaikan dengan kondisi saat itu agar suasana kelas bisa lebih memfasilitas dan memotivasi siswa dalam belajarnya. Gunakan lebih dari satu strategi saat mengajar setiap pelajaran. Pastikan strategi dan metode pengajaran perubahan yang guru ambil bisa memastikan semua siswa  bisa mendengar, melihat, dan termotivasi lebih memahami apa yang guru ingin siswanya pelajari.

Selebihnya guru juga wajib mengatur ruang kelas yang sedemikian rupa sehingga tidak menggangu pergerakan siswa dalam keseluruhan proses belajar mengaja, baik yang berupa ceramah langsung , kerja mandiri maupun kegiatan pembelajaran lain semacam diskusi atau pekerjaan kelompok yang lain. Pastikan apa pun kegiatan belajar mengajarnya kelas tetap dalam kondisi kondusif, tenang dan nyaman.

Selanjutnya, guru wajib mengantisipasi apabila  segala sesuatunya tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan. Guru wajib berbekal ilmu dan pengetahuan bagaimana menangani apabila ada siswanya yang kurang termotivasi dalam belajarnya, siswa yang argumentatif dan ngeyelan, siswa yang cuek dan lalai, atau bahkan bila ada siswa yang manipulatif dan suka mengganggu. Ingat, menjadi seorang guru tidak boleh meninggikan suara pada siswanya, bersikap dan berkata negatif, dan juga tidak boleh kehilangan kendali diri. Kalau itu terjadi pada seorang guru. bukan hanya guru itu kehilangan kendali diri, tapi dia juga akan kehilangan kendali atas siswa siswanya dan ruang kelasnya. Tetap semangat....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini / Would you please leave a comment or a critique for the sake of my future writing improvements?

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...