Selasa, 28 Maret 2023

Penanganan Siswa Bermasalah Harus Disegerakan, Jangan Terlambat

 


Untuk efektivitas penanganan masalah siswa, apabila guru ingin meluruskan tindakan siswa atau menasihati siswa yang melakukan pelanggaran aturan kelas ataupun aturan sekolah, sebaiknya dilakukan secepatnya pada hari yang sama saat pelanggaran dilakukan. Jangan membiarkan penanganan permasalahan siswa menjadi terlambat dan dilakukan di hari berikutnya, karena apabila pelurusan tindakan siswa itu dilakukan di hari berikutnya, maka suasana hati siswa sudah berubah. Pada hari berikutnya itu siswa sudah membawa suasana baru ke sekolah. Hati perasaan dan pikiran siswa sudah tenang dan mengacu ke depan, tidak lagi merasakan dan memikirkan apa yang terjadi di hari sebelumnya. Kalau kita paksakan siswa untuk menyelesaikan urusan hari sebelumnya, siswa akan merasa diintimidasi dan dibuat tidak nyaman. Dalam kondisi begini siswa tidak akan mau menyadari kesalahannya. Siswa justru yang akan merasa marah karena merasa bahwa kebahagiaan dia hari itu diganggu oleh gurunya. Permasalahan bukannya menjadi membaik tapi malah akan makin kompleks.

Penanganan pada hari yang sama akan lebih baik karena siswa pun masih memikirkan apakah benar atau salah tindakannya dan masih siap dengan konsekuensi yang harus dia tanggung. Pun begitu penanganan masalah siswa harus mengedepankan menjaga perasaan, dan martabat siswa dari pada permasalahan yang akan dibicarakan. Guru janganlah berpikir untuk membuat jera siswa melakukan tindakan kelirunya, tapi guru wajib hanya membuat siswa menyadari kesalahan tindakannya, mau bertanggungjawab dengan jiwa kesatria dan meyakinkan diri tak akan mengulangi lagi bukan karena takut atau jera, tapi karena sudah tumbuh kesadaran pribadinya. Oleh karena itu penting bagi guru untuk meyakinkan siswa bahwa apa yang guru lakukan pada saat itu adalah karena rasa sayang dan perhatian guru pada siswa tersebut. Jangan mengedepankan pemberian hukuman, tapi cobalah jelaskan tanggung jawab dan konsekuensinya. Juga tak kalah pentingnya, siswa harus bisa merasakan bahwa apa yang dilakukan guru padanya pada hari itu adalah sepenuhnya demi kebaikan dia, siswa itu sendiri.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini / Would you please leave a comment or a critique for the sake of my future writing improvements?

Pendidikan Abad 21 Wajib Mendorong Siswa Untuk Melek Informasi.

  Sudah berulang kali penulis sampaikan bahwa pendidikan di abad 21 haruslah bersifat berbagi informasi, tidak lagi bersifat penyuapan inf...