Kini saatnya kita lanjutkan
untuk membicarakan hal hal yang harus ada dan dilakukan seorang guru hebat yang
bisa membawa perubahan di dunia ini. Di artikel sebelumnya, Guru
hebat yang akan merubah dunia (bagian 1), kita sudah membicarakan
lima hala yang harsus dilakukan guru hebat ini dan sekarang kita akan
lanjutakan dengan hal hal lain yang sama pentingnya untuk segera dilakukan
calon calon guru hebat indonesia. Baiklah kita mulai dari;
w
Have self-awareness
Seorang guru yang baik harus
memiliki kesadaran diri yang tinggi. Hanya dengan kesadaraan diri yang tinggi
orang bisa mengontrol tingkahlakunya dan mampu membuat perencanaan yang matang
akan semua hal yang dilakukannya. Keasadaran diri ibaratnya adalah sebuah
program bagi komputer. Tanpa ada programnya apa yang bisa dilakuakn sebuah
komputer? Kesadaran diri seorang guru akan tumbuh apabila guru tersebut bisa
memiliki empat hal;
Pertama kehormatan, seorang guru
haruslah meyakini bahwa profesinya adalah profesi yang terhormat dan oleh
karena itu dia harus yakin bahwa dia adalh orang yang terhormat dan menjaga
kehormatan itu haruslah diyakini sebagi suatu hal yang harus dilakukan. Itu
artinya seorang guru tidak boleh bertingkah, berlku, berbuat dan bertutur kata
yang akan merusak kehormatannya.
Yang kedua adalah kebanggan,seorang
guru yang hebat harus yakin bahwa profesinya adalah profesi yang penting dan
membanggakan. Guru yang hebat tidak akan mencederai kebanggaannya terhadap
profesi yang dia sandang. Itulah kenapa menjadi guru atau kalau sekolah memilih
guru haruslah orang yang secara naluriah punya panggilan jiwa untuk jadi guru,
karena hanya orang orang yang memiliki natural call inilah yang akan bisa
menjaga kebanggannya sebagai guru dan oleh karena itu akan bekrja dengan sebaik
baiknya sebagai guru. Beda dengan guru yang bekerja karena kepepet tidak ada
pekerjaan lain, golongan ini pasti tidak membanggakan profesinya dan oleh
karena itu mereka akan bekerja dengan malas dan ogah ogahan karena mereka tidak
memiliki kebanggaan dalam hal ini.
Yang ketiga adalah penghargaan
diri. Setelah terkumpul rasa hormat dan bangga pada diri sendiri dan
profesinya, seorang guru akan memiliki rasa penghargaan diri yang tinggi.
Penghargaan diri ini sangat penting dimiliki seorang guru karena penghargaan
pada diri sendiri yang tinggi dari
seorang gurulah yang akan membawa guru
pada point keempat yaitu rasa percaya diri.
Tak bisa diragukan lagi bahwa
seorang guru sangat memerlukan rasa percaya diri, karena hanya dengan rasa
percaya dirilah seorang guru mampu mengajar siswanya dan mengendalikan kelas
yang harus mereka ajar. Selain itu rasa percaya diri juga diperlukan seorang
guru untuk bisa menghadapi orang tua siswa dan masyarakat pada umumnya. Rasa
percaya diri seorang guru akan menyiratkan
mutu dari sekolah dimana guru itu mengajar. Tentu anda sendiri akan
sangsi dengan mutu sekolah yang bila diajak bicara gurunya nampak grogi dan
plendas plendus bukan? Dan itu artinya rasa percaya diri seorang guru akan
menentukan puas atau tidak puasnya orangtua terhadap ppendidikan yang diberikan
di sekolah.
w
Create safe and comfortable environment
Seorang guruyang hebat adalah
juga seorang guru yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan
nyaman. Sudah berulang kali dan dibeberapa artikel, penulis bicara tentang
pentingnya kondisi aman dan nyaman untuk belajar ini. Karena siswa hanya akan
bisa belajar dengan benar dan fokus bila mereka merasa aman secara psikologis
dan nyaman secara fisik badaniah. Untuk memperoleh susanan itu guru harus
memastikan hal hal berikut:
a. Lingkungan
belajr yang baik bagi siswa adalah lingkungan belajar yang terbebas dari hal
hal yang membuat siswa tertekan (stressors). Oleh karena itu guru harus mampu
mengidentifikasi stressors yang mungkin timbul dalam ruangan kelasnya dan
membuangnya jauh jauh. Stressor bisa
dikarenakan situasi lingkungan misal, kebisingan, suasana panas dan sumpeg,
tugas tugas guru yang kebanyakan melebihi batas kemampuan siswa untuk
mengerjakannya, atau dari lingkungan pergaulan siswa itu sendiri misal ada satu
dua siswa yang suka melakukan bullying terhadap siswa yang lain. Bahkan stressor
itu bisa gurunya sendiri yang sok galak, sok berwibawa, omongannya kurang
santun, suka memepermalukan siswa didepan teman temannya dll. Namun bisa juga
stressor itu berasal dari luar kelas, misal saja diluar sana ada preman atau
anak nakal yang suka menghadang dan mmemalak siswa. Semua hal itu harus dihilangkan
oleh guru yang hebat kita.
b. Lingkungan
yang nyaman untuk belajar, juga harus memberikan semua siswa kesempatan yang
sama untuk bertumbuh dan berkembang. Guru harus mampu meningkatkan partisipasi
semua siswanya dalam belajar. Jangan biarkan ada anak yang tertinggal dan tidak
terlibat dalam proses belajar. Istilah kerennya “ no one left behind”.
c. Suasana
belajar akan semakin enak dan nyaman kalau guru mampu memuat suasan yang bisa
mengembangkan fungsi otak kiri maupun otak kanan. Karena dengan pelibatan kedua
belahan otak. Siswa akan makin merasa pintar dan tertanntang untuk maju
sehingga mereka bisa merasa nyaman dalam belajar. Belajar akan terasa
menyenangkan bagi siswa kalau mereka bisa mengembangkan kemampuan kedua belah
belahan otaknya secara bersamaan. Caranya? Yah pikir sendiri atuh
mas.....hahahha...
w
Possess creative thinking
Banyak siswa kehilangan semangat belajarnya bukan karena mereka malas
atau bodoh, tapi karena cara dan metode pengajaran yang dipakai guru begitu
saja, monotone. Guru datang berdiri buka buku bicara sendiri dengan nada datar.
Waduh... betapa ngeboseninnya guru macam ini. Nah tugas guru hebat adalah
mencari methode dan pendekatan pembelajaran yang tepat dan beragam bagi masing
masing siswa. Siswa tidaklah seragam dalam hal gaya belajarnya, dan guru
haruslah mengakomodasii semua gaya belajar siswanya, dengan metode dan pndekatan
yang monotone bagaimana guru bisa mengakomodasi semua gaya belajar? Oleh karean
itu tidaklah salah kalau salah satu kwajiban guru adalah banyak banyak baca
buku tentang pendidikan dan banyak diskusi dengan sesamam guru untuk saling
bertukar best practices dalam hal
pendidikan dan pengajaran. Dengan banyak belajar, membaca dan berdiskusi dengan
sesma guru diharapakan gru mempunyai pikiran yang kreatif baik dalam hal
pengajaran maupun dalam hal materi yang diajarkan. Begitulah guru hebat bertindak.
w
Learn how to learn
Diatas sudah disinggung tentang perbedaaan gaya belajar yang dipunyai
siswa siswi kita, ada yang punya gaya belajar auditory, kinestetik, taktil, visual
dan seterusnya. Nah tugas guru adalah mampu mendorong siswanya untuk bisa
belajar untuk belajar. Maksudnya mendrong siswanya untuk memahami gaya belajar
yang tepat bagi dirinya sendiri. Selain itu untuk memepertajam kepandaian siswa
guru yang hebat harus juga mampu dan memberi waktu semua siswanya saling
belajar dan mengajar. Siswa diijinkan untuk saling mengajari. Dengan cara ini
siswa juga akan semakin mudah untuk mengetahui gaya belajar yang tepat bagi
mereka sendiri. Selian itu akan mudah dan enak untuk bertanya daan memperdalam
ilmu bilan yang mengajar adalah teman sendiri.
Dengan berlandaskan kesadaran bahwa setiap siswa punya karakter dan punya
gaya belajarnya sendiri sendiri, tentu guru harus meyakikan diri bahwa tidak
akan menggunakan pendekatan yang sama baik untuk mendorong siswa belajar maupun
untuk memecahkan permasalahan psikis dan sosialnya.
w
Teach from the heart
Yang berikutnya, guru hebat
haruslah melakukan tugasnya dengan tulus dan iklas. Niat yang tulus untuk
mendidik putra putri tunas bangsa demi kemajuan bangsa dan negara di masa depan
harus dimiliki oleh guru hebat. Ketulusan niat akan membawa kesabaran apabila
menghadapi permasalahan selama menjalankan tugasnya sebagi guru. Ketidaktulusan
niat sebaliknya akan membawa sikap tidak sabar dan amarah dalam menjalankan
tugas bila ada permasalahan dalam bertugas. Itulah kenapa mencari guru haruslah
yang memang memiliki panggilan jiwa menjadi guru. Jangan ambil guru dari orang
yang kebetulan sarjana lagi nganggur sehingga kerja apa saja diiyakan termasuk
jadi guru. Guru yang karena kepept begini tidak bisa diandalkan kesabarannya
dalm menjalankan tugasnya yang jelas butuh kesabaran membimbing siswa. Oleh karena
itu psikotest sepertinya layak dilakukan untuk menjaring guru yang benar
memiliki natural call ini.
w
Keep it clear.
Semua yang jelas akan menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Semua orang
akan senang kalau semua hal yang dihadapinya jelas. Nah sebagai guru anda
haruslah membuat semua hal jadi jelas bagi siswa dan siswi anda, agar mereka
juga bisa merasakan nyaman dan tenang dalam belajarnya. Nah apa saja yang harus
jelas dan bagaimana membuatanya jadi jelas baca saja artikel saya yang lain
dengan judul “KEEP
IT CLEAR” di blog ini juga kok.
w
Listen to what to listen to
Sebagai guru anda akan didengar
oleh siswa, namun sebaliknya anda juga akan mendengar banyak hal, oleh karena itu seorang guru harus mampu memilah dan
memilih apa yang harus didengarkan. Artinya seorang guru harus bisa memilih mana yang
harus ditanggapi dari semua yang didengar. Tidak semua hal yang didengar di
kelas harus ditanggapi. Sebagai guru janganlah terlalu berperasaan sensitif,
sehingga setiap ada omongan sedikit saja dijadikan masalah. Kalau anda termasuk
yang memiliki perasaan sensitif begini saya pastikan anda akan sangat capai
bermasalah dalam bekerja sebagai guru, dengan begitu mulailah memilih milih apa
yang harus ditanggapi dari apa yang anda dengar di dalam kelas. Anda cukup memperhatikan
hal hal yang penting saja. Jangan sibukkan
dii dengnhal hal yang tidak penting, tindakan sia sia yang menguras tenaga. Kata
orang barat “ It is not good to have sensitive feeling but it
will helpful to have sensitive mind”
w
Able to manage classes
Guru yang hebat juga wajib mampu mengatur suasana kelas sehingga kondusif
untuk belajar, selain itu juga wajib menjaga tingkah laku siswanya agar ruang
kelas tetap dalam kondisi aman dan nyamman untuk belajar. Untuk bisa menciptakan
suasana yang seperti ini, guru hebat wajib mempunyai pemahaman dan ketrampilan
tentang:
w
Classroom
managements
w Behavior
managements
Classroom management akan berguna
bagi guru untuk mendisgn atau men-setting bentuk dan suasana kelas sehingag
cocok dan sesuai dengan proses belajar mengajar yang akan berlangsung,
sementara behaviour management adalah upaya yang terprogram dari seorang guru
untuk menata dan mengatur tingkah laku siswa dengan standard standard yang
sudah dipersiapkan dan ditentukan. Kedua hal ini sedikit banyak sudah saya
tulis juga di blog mini. Kalau pembaca ingin tahu ya muter muter sebentar dech
di blog ini.
w
Make good assessments and evaluations
Penilaian dan evaluasi yang baik dan tepat untuk kemajuan siswa juga akan
sangat berdampak pada motivasi dan semangt siswa untuk maju. Oeh karena itu
guru waji tahu bagaimana memberi evaluasi yang baik pada siswanya. Boleh dikata
penilaian autenthik adalah penilaian yang terbaik bagi siswa kita, Cuma sayangnya
penilaian authentik tidak sejalan dengan kebijakan kemtrian pendidikan di
negara Indonesia ini. Satu kalimat dlam bahasa inggris yang berkesan dalam hati
saya tentang evaluasi siswa adalah “It is important to make students know the right answers, but the most
important is making them have the proper reasons to the right answers”. Semoga
kaliamat ini memberi inspirasi bagi bapak dan ibu guru semuanya untuk mampu
membuat alat evaluasi yang baik bagi siswanya.
Terima kasih. Semoga berguna....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Saya sangat berterimakasih kalau anda tinggalkan komentar disini / Would you please leave a comment or a critique for the sake of my future writing improvements?